Kamis, 19 Oktober 2017 - 29 Muharram 1439 H

Kampus Swasta Perlu Perbanyak Mitra Kembangkan Institusi

Koordinator Kopertis Wilayah X Prof Dr Herri. (ANTARA SUMBAR/M R Denya Utama)
Padang, (Antara Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X "mendorong" kampus di bawah binaan dan pengawasannya memperbanyak mitra kerja sama sebagai langkah mengembangkan institusi.

"Suatu kampus tentu tidak bisa mengembangkan kampus dengan sumber daya yang dimiliki tanpa bantuan pihak lain, ini perlu terus diperkuat," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri di Padang, Rabu.

Dalam mengejar prioritas mitra kerja sama ini harus disesuaikan dengan konsep kampus. Misalnya, sebutnya kampus yang membuka jurusan pertanian, peternakan atau kesehatan cukup relevan bekerja sama dengan pemerintah daerah atau industri.

Dalam bekerja sama ini, keuntungan yang didapat kedua belah pihak harus jadi pertimbangan. Sehingga, jelasnya butuh analisis terlebih dahulu sebelum meminta atau menerima kerja sama dari berbagai instansi.

"Kampus dengan mitra yang banyak terlihat lebih unggul dari perguruan tinggi minim mitra. Hal ini perlu jadi perhatian kampus swasta karena sebagian besar perguruan tinggi orientasinya ke dalam bukan keluar dengan kerja sama," ujarnya.

Kampus dengan mitra yang banyak akan memudahkan dalam penguatan pendidikan, variasi penelitian dan jangkauan pengabdian masyarakat.

"Kampus juga perlu menyediakan bidang kerja sama dalam manajemen guna memudahkan jalinan mitra tersebut," sebutnya.

Sementara itu Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi akan membantu pemerintah dalam melancarkan programnya.

Inovasi yang dilakukan dosen di perguruan tinggi akan memudahkan penerapan program di tengah masyarakat. "Termasuk penyuluhan misalnya kepada petani, nelayan, atau pedagang lewat pengabdian masyarakat akan membantu kinerja dari program tersebut," sebutnya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga