Taspen Padang Sosialisasikan Program Kepada Pemkot Pariaman

id Taspen

Taspen Padang Sosialisasikan Program Kepada Pemkot Pariaman

Wali Kota Pariaman Sumatera Barat Mukhlis Rahman (baju hitam) melakukan diskusi dengan pihak PT Dana Taspen cabang Kota Padang, Senin (26/9). Beberapa program yang disosilisasikan tersebut diantaranya Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kecelakaan Meninggal (JKM) dan Taspen Life yang merupakan anak perusahaan dari PT Taspen. (ANTARA SUMBAR/Humas pemkot Pariaman)

Pariaman, (Antara Sumbar) - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) cabang Kota Padang Sumatera Barat menyosialisasikan program Kursus dan Pembekalan (Suskal) kepada Pemerintah Kota Pariaman khususnya bagi Aparatur Sipil Negara di daerah itu.

"Ada berbagai macam program yang disampaikan kepada pemerintah daerah terutama kepada para Aparatur Sipil Negara yang memasuki masa pensiun," kata Kepala Taspen cabang Padang Kemala Jaya, di Pariaman, Selasa.

Beberapa program yang disosilisasikan tersebut diantaranya Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kecelakaan Meninggal (JKM) dan Taspen Life yang merupakan anak perusahaan dari PT Taspen.

"Selain program tersebut, kami juga mempunyai Bank Mantap atau Mandiri Taspen yang nantinya di 2019 akan ada di setiap kabupaten dan kota di seluruh Indonesia," kata dia.

Bank tersebut khusus melayani tabungan dan simpan pinjam dari para pensiunan ASN di seluruh tanah air, sehingga semakin mempermudah pelayanan di hari tua.

Ia mengatakan pihaknya dalam waktu dekat akan mengadakan kerja sama dengan beberapa pemerintah daerah yang ada di provinsi tersebut.

Pada awal Oktober 2017, Taspen cabang Padang akan mengadakan program Suskal dengan bekerja sama Pemerintah Kota Padang.

"Khusus Kota Pariaman kerja sama kedua belah pihak kita laksanakan di pertengahan Oktober 2017 setelah memenuhi segala macam administrasi yang dibutuhkan," ujarnya.

Sebagai salah satu adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kata dia, pihaknya khusus bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun ASN.

Sementara itu Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan pertemuan kedua belah pihak merupakan jalinan kerja sama sekaligus sosialisasi program oleh PT Taspen cabang Kota Padang.

"Program tersebut difokuskan kepada para ASN yang akan memasuki masa pensiun, sehingga memiliki pekerjaan di hari tua," kata dia.

Program Suskal tersebut kata dia, dinilai cukup baik bagi para ASN yang akan memasuki masa pensiun sehingga memiliki pedoman dan acuan sebelum menyelesaikan pengabdian kepada negara.

Ia menilai program Suskal yang bekerja sama dengan pemerintah daerah akan membantu para ASN dalam memikirkan dan menjalankan berbagai usaha produktif setelah pensiun.

"Para ASN setelah pensiun akan dipandu bagaimana memiiliki usaha yang produktif, sehingga pendapatan ekonomi pun masih tetap berjalan," ujar dia.

Pihaknya menargetkan para pensiunan ASN di lingkungan pemerintah setempat dapat menjadi pengusaha atau wiraswasta yang berhasil, sehingga masih dapat produktif. (*)