Gubernur Sumbar Lepas 70 Calon Mahasiswa Al-Azhar

id IRWAN PRAYITNO

Gubernur Sumbar Lepas 70 Calon Mahasiswa Al-Azhar

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melepas 70 calon mahasiswa asal provinsi ini untuk melanjutkan pendidikan agama di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

"Tuntutlah ilmu sebaik-baiknya untuk nanti dibawa pulang guna membangun daerah, terutama di bidang keagamaan," kata Gubernur Irwan, di Padang, Senin.

Menurutnya sebagai daerah yang memiliki falsafah adat basandi syarak-syarak basandi kitabullah atau adat bersendikan agama, membutuhkan orang-orang yang memiliki pemahaman yang baik di bidang keagamaan.

Lulusan Al-Azhar dinilai memiliki kemampuan yang sangat diharapkan untuk hal itu.

Selain itu, Irwan juga berpesan agar mahasiswa yang dikirim ke Mesir untuk menghindari daerah konflik, apalagi sampai terlibat di dalamnya karena akan merugikan diri sendiri seperti yang terjadi pada dua mahasiswa asal Sumbar yang dipulangkan beberapa waktu lalu.

Ketua Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional (IAAI) Sumbar Hidayatullah mengatakan keinginan generasi muda Sumbar untuk melanjutkan pendidikan di Al-Azhar sangat tinggi, dari 40 orang pada 2016 menjadi 70 orang pada 2017.

"Ini sangat bagus untuk perkembangan ilmu keagamaan di Sumbar," kata dia pula.

Ia menjelaskan, mahasiswa yang bisa belajar di Mesir harus lulus seleksi tingkat nasional yang dilaksanakan Kementerian Agama (Kemenag) RI bekerjasama dengan Universitas Al-Azhar dan Ikatan Alumni Al-Azhar.

Dari 1.400 mahasiswa yang lulus se-Indonesia, 70 di antaranya adalah dari Sumbar.

"Calon mahasiswa baru ini merupakan lulusan madrasah dan pesantren dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar, masing-masing 52 laki-laki dan 18 perempuan," kata dia lagi. (*)