Pemkab Pesisir Selatan Kumpulkan Rp150 Juta Bantu Rohingya

id Peduli Rohingya

Pemkab Pesisir Selatan Kumpulkan Rp150 Juta Bantu Rohingya

Ketua Pessel Peduli Rohingya, Lisda Hendrajoni menerima sumbangan untuk etnis Rohingya dari Pimpinan Daerah Tapak Suci Pesisir Selatan, Syafridon. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antara Sumbar) - Masyarakat Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang tergabung dalam kelompok "Pessel Peduli Rohingya" berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp150 juta untuk membantu etnis Rohingya di Myanmar.

"Hingga hari ini bantuan telah mencapai Rp150 juta yang merupakan donasi dari masyarakat Pesisir Selatan baik di dalam maupun luar daerah," kata Ketua Pessel Peduli Rohingya, Lisda Hendrajoni di Painan, Senin.

Ia menyebutkan bantuan akan terus digalang hingga akhir September 2017 dan selanjutnya akan disalurkan.

"Mudah-mudahan ini menjadi amal ibadah dan juga mampu memupuk rasa persaudaraan," katanya lagi.

Bagi masyarakat yang ingin berkontribusi bisa menyetorkan dananya ke Pessel Peduli Rohingya nomor rekening 04000210199061 Cabang Bank Nagari Painan.

Selain bisa menyetorkan dana, masyarakat bisa juga memberikan bantuannya secara langsung melalui posko yang telah dibentuk di Kota Painan.

"Beberapa kelompok bahkan ada juga mendatangi saya secara langsung untuk menyalurkan bantuannya seperti yang dilakukan oleh Pimpinan Daerah Tapak Suci Pesisir Selatan dan beberapa organisasi lainnya," ujarnya.

Terpisah, Camat Sutera Fachruddin mengaku juga ikut berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk etnis Rohingya dengan mengumpulkan sumbangan ke jajaran camat setempat.

"Alhamdulillah sumbangan yang terkumpul mencapai satu juta rupiah lebih," katanya.

Menurutnya selain jajaran kecamatan beberapa sekolah di daerah itu juga terlibat pada pengumpulan sumbangan tersebut. (*)