Sumbar Siap Bantu Fasilitasi Kegiatan Kesenian

id taufik

Sumbar Siap Bantu Fasilitasi Kegiatan Kesenian

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Taufik Efendi. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Sumatera Barat, Taufik Effendi menyatakan pihaknya siap memfasilitasi segala bentuk kegiatan kesenian yang akan diadakan di daerah tersebut.

"Guna menunjang proses berkesenian seniman yang ada di Sumbar maka kami akan berupaya memfasilitasi setiap kegiatan yang dilaksanakan," katanya dalam pembukaan Festival Seni Pekan Nan Tumpah 2017 di Taman Budaya Sumbar, Sabtu malam.

Ia menyebutkan memang tidak segala aspek dapat diurus oleh pemerintah, ada kalanya nanti segala persiapan dilakukan oleh kelompok dan komunitas lalu baru pemerintah akan memfasilitasinya.

Selain itu ia berharap agar masyarakat dapat mengapresiasi kegiatan-kegiatan kesenian yang diselenggarakan di daerah tersebut sebagaimana mengapresiasi kegiatan olahraga.

"Ketika ada kegiatan olahraga seperti pertandingan sepak bola saja masyarakat datang berbondong-bondong untuk dapat menyaksikannya," katanya dalam pembukaan Festival Seni Pekan Nan Tumpah 2017 di Taman Budaya Sumbar, Sabtu malam.

Ia menyebutkan saat ini perjuangan di dunia kesenian termasuk perjuangan yang cukup berat, apalagi dalam kegiatan tersebut diberlakukan sistem pembelian tiket.

Menurut dia, hal ini merupakan salah satu upaya agar posisi kesenian dapat sejajar dengan bidang-bidang lain yang ada di tengah-tengah masyarakat dan juga sebagai bentuk apresiasi kepada seniman.

Ketika memutuskan untuk hidup sebagai seniman maka seseorang harus siap dengan segala kemungkinan yang akan diterima ke depannya.

"Saat ini adalah bagaimana kita mengupayakan agar para seniman dapat terus menghidupkan kesenian serta juga dapat bertahan hidup dari kesenian," ujarnya.

Selain itu ia juga mengharapkan agar kesenian-kesenian yang disuguhkan pada perhelatan Pekan Nan Tumpah dapat memberikan hiburan serta menyampaikan pesan kepada para penontonnya.

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Sumbar, Muasri menyatakan semenjak tahun 2017 pihaknya sudah berkoordinasi dengan gubernur untuk dapat menggratiskan penggunaan Gedung Taman Budaya sebagai tempat pertunjukan kesenian.

"Untuk menunjang proses berkesenian para seniman yang ada di Sumbar maka kami telah mengupayakan untuk menggratiskan pemakaian gedung pertunjukan," katanya. (*)