Oesman Sapta : Pancasila Merupakan Wujud Kasih Sayang

id MPR

Oesman Sapta : Pancasila Merupakan Wujud Kasih Sayang

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Oedang menyebutkan setiap butir yang terdapat dalam Pancasila merupakan wujud kasih sayang antar sesama.

Hal tersebut disampaikannya dalam sambutan pada sosialisasi empat pilar MPR RI di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang Sumatera Barat, Sabtu.

"Semuanya sudah ada pada Pancasila, jadi tidak usah ragu lagi dengan keberadaan Pancasila sebagai ideologi negara," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan apabila setiap sila diurai maka akan terlihat bahwa segala sesuatu itu dimulai dari cinta dan kebersamaan.

Untuk mencapai persatuan maupun keadilan maka harus ada cinta dan kasih sayang antara sesama untuk dapat mewujudkannya.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan melalui sosialisai tentang empat pilar MPR RI ini para mahasiswa dapat meresapi untuk kemudian membangun bangsa.

Menurut dia, agar tidak mudah terpecah belah maka generasi muda harus mengenali dan memahami apa itu NKRI.

Semangat persatuan dan kesatuan adalah identitas bangsa dan hal tersebut harus tetap dipertahankan sebagai bangsa Indonesia.

"Ke depannya seluruh generasi muda hendaknya menjadi generasi yang berbakti dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," uajarnya.

Sementara itu Rektor UIN IB, Dr Eka Putra Wirman mengatakan saat ini seluruh mahasiswa harus tetap mempererat hubungan silaturahmi untuk menjaga semangat kebhinekaan.

"Dengan membangun semangat kebhinekaan maka kedepannya generasi muda yang ada saat ini akan dapat membangun bangsa," katanya. (*)