Pertama di Indonesia, 10 Pasang Pengantin Menikah di Atas Mobil Pemadam Kebakaran

id pengantin

Pertama di Indonesia, 10 Pasang Pengantin Menikah di Atas Mobil Pemadam Kebakaran

Ilustrasi pernikahan. (Antara)

Bantul, (Antara Sumbar) - Sebanyak sepuluh pasang pengantin dari Daerah Istimewa Yogyakarta akan melangsungkan pernikahan di atas mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota Yogyakarta pada 26 September 2017.

"Pernikahan bareng di atas mobil damkar pertama di Indonesia bahkan dunia ini diadakan di kawasan Malioboro tepatnya depan Kantor DPRD DIY," kata Ketua Pelaksana Forum Taaruf Indonesia (Fortais) Sewon Ryan Budi Nuryanto di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, pernikahan di atas damkar yang akan diikuti lima sampai sepuluh pasang pengantin yang digelar Fortais bersama Paguyuban Rias Hastanata serta pihak terkait dan didukung Pemkot Yogyakarta itu bertajuk "Nikah Bareng Pancasila Sakti".

"Nikah Bareng Pancasila Sakti ini diadakan terbuka untuk umum dan gratis fasilitas berkonsep 'wedding in nusantara' dengan tema menyatukan hati untuk Illahi dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," katanya.

Ryan mengatakan, semua pasang pengantin rencananya akan menggunakan busana manten lengkap dari berbagai daerah sebagai simbol Bhineka Tunggal Ika dengan tata rias dari paguyuban dan dekorasi pelaminan yang beda dari biasanya.

"Acara diawali dengan kirab manten dengan naik mobil damkar dari Balai Kota Yogyakarta menuju Malioboro, dan ketika sampai DPRD DIY akan disambut dengan penampilan drum band Gema Dirgantara darri STTKD Yogyakarta," katanya.

Menurut dia, penyambutan drum band dan pramugari STTKD Yogyakarta itu sebagai 'cucuk lampah' yang diikuti belakangnya Gunungan Ingkung Jawa serta 'uborampe' sebagai wujud atau ucapan tasyakuran.

"Yang fenomenal pada acara nikah bareng ini adalah mahar ijab qabul yaitu seperangkat alat sholat dan pengucapan teks pancasila secara bersama-sama di atas mobil damkar Kota Yogyakarta," katanya.

Adapun acara Nikah Bareng Pancasila Sakti itu digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Yogyakarta ke-261 dan hari Kesaktian Pancasila. (*)