Wako dan Wawako Payakumbuh Resmi Dilantik

id wako wawako payakumbuh

Wako dan Wawako Payakumbuh Resmi Dilantik

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno (kanan) melantik wali kota dan wakil wali kota terpilih Kota Payakumbuh di gubernuran, Sabtu (23/9). (Antara Sumbar/Novia Harlina)

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno resmi melantik pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Kota Payakumbuh, Riza Falepi dan Erwin Yunaz di auditorium gubernur, Sabtu.

"Kami berharap setelah pelantikan ini pasangan wali kota dan wakil segera menunaikan janji-janji yang telah diucapkan ketika kampanye," katanya.

Ia mengingatkan agar pasangan kepala daerah yang dilantik hari ini agar fokus membenahi dan memajukan Kota Payakumbuh yang memiliki jumlah penduduk sekitar 133.639 jiwa itu.

Wali kota dan wakil wali kota, ujarnya harus kompak dan bersinergi dalam membangun daerah dan mengesampingkan ego masing-masing.

"Kepala daerah harus satu tujuan dan tidak boleh menyampingkan kepentingan masyarakat," kata dia.

Menurutnya, ke depan akan terjadi perbedaan jalan pikiran yang berpotensi mengganggu kinerja. Namun kedua belah pihak mesti pandai mengatur hal tersebut agar visi dan misi jangka panjang untuk memajukan daerah tercapai.

Kemudian ia mengingatkan organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di lingkungan Kota Payakumbuh agar mendukung seluruh kebijakan dan rencana pembangunan daerah.

"Percuma saja kalau wali kota yang berambisi membangun daerah, jika OPD dan perangkatnya tidak mendukung," kata dia.

Jika hendak memajukan daerah, katanya wali kota, wakil wali kota, OPD, aparatur sipil negara dan masyarakat merupakan satu paket yang membawa misi yang sama.

Sementara Wali Kota Payakumbuh terpilih, Riza Falepi mengatakan dalam waktu dekat pihaknya segera menunaikan janji-janji selama masa kampanye.

"Segera kami tunaikan dan berharap masyarakat Payakumbuh semakin sejahtera," katanya.

Ia menambahkan Pemkot Payakumbuh akan memperluas jalan-jalan kecil menuju perkampungan. "Jalan-jalan di Payakumbuh sudah bagus namun hanya perlu pelebaran," katanya.

Pilkada Payakumbuh dilaksanakan pada 15 Februari 2017 untuk menentukan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh periode 2017-2022.

Pada Pilkada itu pasangan Riza Falepi dan Erwin Yunaz ditetapkan sebagai pasangan terpilih pada pemilihan kepala daerah serentak 2017 mengalahkan pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi dan pasangan Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri. (*)