Wako Padang : Tahun Baru Awal Penguatan Inovasi

id mahyeldi

Wako Padang : Tahun Baru Awal Penguatan Inovasi

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Wako Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah menilai masuknya tahun baru 1439 Hijriah menjadi momen bagi masyarakat dan pemerintah untuk menguatkan inovasi di berbagai bidang.

"Baik dalam bidang pendidikan, agama, ekonomi dan sosial, senantiasa dimunculkan pembaruan," katanya di Padang, Sabtu.

Dia mencontohkan di Padang, tepat pada 1 Muharram lalu telah diluncurkan program 18-21 dan penerapan kalender Hijriyah pada sistem administrasi pemerintah.

Program 18-21 ini mengajak masyarakat untuk menghentikan kesibukannya rentang waktu pukul 18.00 WIB hingga 21.00 WIB dan menemani anaknya bermain dan belajar.

Kegiatan ini baru sebuah gerakan, namun diyakini akan muncul inovasi dari setiap keluarga bila menerapkannya.

Kemudian terkait penerapan kalender Hijriyah dalam administrasi ini menjadi inovasi karena selama ini menggunakan kalender umum Masehi.

Nantinya setiap penanggalan dalam surat menyurat di lingkungan pemerintah kota akan menggunakan kalender Hijriah yang dimulai pada Kamis sebagai hari pertama tahun 1439 Hijriah.

"Tidak lama berselang pada 24 September akan ada Padang Kuliner Run sebagai kegiatan olahraga sekaligus pariwisata, ini juga pertama di Padang," ujarnya.

Ke depan pihaknya akan terus melakukan inovasi lain misalnya pembaruan di Kawasan Wisata Gunung Padang dan Pasar Raya.

"Diharapkan ini bisa menjadi acuan masyarakat dalam melakukan inovasi di tingkat lebih kecil seperti kelurahan," kata dia.

Sementara itu salah satu warga yang juga kader PKK di Kuranji, Padang, Rozawati mengatakan program yang diluncurkan oleh pemkot selama ini telah inovatif.

Permasalahannya masih banyak warga yang belum bisa menerima pembaruan semacam itu.

Seperti demo oleh angkot lalu protes Go-jek mengindikasikan butuh kerja keras dari pemerintah dalam menyosialisasikan setiap inovasi kebijakannya. (*)