Ini Kondisi "Jembatan Selfie" Taman Ngarai Maaram

id Ngarai Maaram

Ini Kondisi "Jembatan Selfie" Taman Ngarai Maaram

Kondisi "Jembatan Selfie" di objek wisata Taman Ngarai Maaram, Kota Bukittinggi. (ANTARA SUMBAR/Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pengunjung objek wisata Taman Ngarai Maaram di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, mengharapkan pemerintah daerah setempat segera membenahi lokasi tersebut karena kondisinya yang dinilai sudah tidak terawat.

Menurut salah seorang pengunjung, Rizki(24) di Bukittinggi, Jumat, kondisi tidak terawat itu sudah berlangsung cukup lama.

"Salah satunya Jembatan 'Selfie'. Menurut saya itu objek utama di taman ini karena menghadap langsung ke tebing ngarai jadi bagus untuk berfoto, tapi malah kondisinya yang paling memprihatinkan," ujarnya.

Kondisi papan jembatan sudah banyak yang terlepas sementara papan yang masih terpasang terlihat mulai lapuk sehingga mengkhawatirkan untuk dilalui.

"Kalau papan tempat berpijak sudah banyak yang terlepas dan tampak lapuk, pengunjung jadi khawatir jika seandainya sedang dilewati tiba-tiba patah. Mau berwisata malah cedera," jelasnya.

Pemerintah setempat perlu segera membenahi objek wisata tersebut agar sama ramainya dengan objek wisata lain yang ada di Bukittinggi.

Pengunjung lain, Epi (59) mengatakan kebersihan di Taman Ngarai Maaram juga perlu diperhatikan.

Menurutnya kebersihan di taman tersebut dapat dimaklumi karena perilaku kera liar di ngarai yang mencari makan dari sampah yang dibuang pengunjung.

"Mungkin perlu disiasati saja bagaimana pengelolaan pembersihan sampah di taman ini," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bukittinggi, Supadria menerangkan untuk pembenahan Taman Ngarai Maaram, pihaknya sudah mengajukan anggaran dalam RAPBD 2018.

"Sedang dalam pembahasan. Jadi target kami semoga tahun depan bisa jalan," katanya.

Sementara di tahun 2017, pemerintah membenahi dua taman kota dan pembuatan satu taman baru.

"Bertahap dulu. 2017 ini dibuat taman Surau Gadang, perbaikan taman di depan Rumah Sakit Achmad Muchtar dan revitalisasi taman Tugu Pahlawan Tak Dikenal yang berada di depan Monumen Bung Hatta," jelasnya.

Warga dan pengunjung diimbau ikut serta menjaga setiap fasilitas umum yang telah tersedia di daerah itu. (*)