Formula 4+1 Cara Selesaikan Rohingya, kata Wapres Jusuf Kalla

id Jusuf Kalla

Formula 4+1 Cara Selesaikan Rohingya, kata Wapres Jusuf Kalla

Wakil Presiden Jusuf Kalla. ( Antara)

New York, (Antara Sumbar) - Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengatakan formula 4+1 yang ditawarkan Indonesia merupakan salah satu cara bagi dunia untuk menyelesaikan persoalan Rohingya di Myanmar.

"Formula 4+1 yang kita tawarkan itu yang bisa diterima kedua belah pihak. Dan merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan kasus Rohingya " kata Wapres M Jusuf Kalla usai berpidato di markas iPhone York, Amerika Serikat, Kamis.

Wapres menambahkan yang paling utama saat ini adalah membuka akses agar bantuan kemanusiaan bisa masuk Myanmar untuk membantu pengungsi Rohingya.

Wapres menjelaskan formula 4+1 salah satu cara untuk menyelesaikan Rohingya karena tak mungkin kita kerahkan pasukan dan tidak bisa dengan pasukan penjaga perdamaian.

Pemerintah Indonesia telah menawarkan formula 4+1 untuk Rakhine State . Formula 4+1 tersebut, mengembalikan stabilitas dan keamanan, menahan diri secara maksimal dan tidak menggunakan kekerasan, perlindungan kepada semua orang yang berada di Rakhine State, tanpa memandang suku dan agama, serta pentingnya segera dibuka akses untuk bantuan kemanusiaan. (*)