Pemprov Sumbar Bina Masyarakat Simancuang Berkebun Manggis

id Kebun Manggis

Pemprov Sumbar Bina Masyarakat Simancuang Berkebun Manggis

Kebun Manggis. (cc)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat akan membina masyarakat Jorong Simancuang, Nagari Alam Pauah Duo, Kabupaten Solok Selatan yang ditetapkan sebagai Nagari Mandiri Pangan untuk berkebun manggis selama lima tahun.

"Pembinaan ini merupakan program Pemprov Sumbar untuk mewujudkan Nagari Mandiri Pangan yang diberikan sampai kebun manggis berbuah," kata Kepala Dinas Pangan Sumbar, Efendi di Padang Aro, Selasa.

Dia mengatakan, Jorong Simancuang mendapatkan bantuan sebanyak 400 bibit manggis yang ditanam di lahan seluas dua hektare.

Pemilihan komoditi manggis merupakan pilihan dari masyarakat Jorong Simancuang.

Buah Manggis memiliki nilai ekonomis yang tinggi, serta kandungan zat yang sangat baik.

"Kami sangat mendukung penanaman pohon manggis oleh Jorong Simancung karena memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat," katanya.

Nagari Alam Pauh Duo termasuk ke dalam 32 nagari mandiri pangan di Sumbar.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria menyambut baik program tersebut dan mengapresiasi masyarakat Jorong Simancuang yang selalu dapat menjaga kepercayaan atas bantuan yang diberikan.

"Banyak bantuan yang mengalir ke Siamancuang seperti dari padi organik sampai dengan bibit pohon manggis, dan mereka selalu menjaga kepercayaan ini," ujarnya.

Sebanyak 400 bibit manggis yang dikembangkan di Simancuang yaitu jenis ratu kamang. Penanaman perdana bibit pohon manggis itu turut hadir Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Solok Selatan, Del Irwan. (*)