SMAN 1 Palembayan Galang Bantuan Korban Bencana di Solok Selatan

id banjir solok selatan

SMAN 1 Palembayan Galang Bantuan Korban Bencana di Solok Selatan

Jalan umum masih tergenang air pascabanjir melanda Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kabupaten Solok Selatan, pada Kamis malam (14/9). (Antara Sumbar/Erik Ifansyah Akbar)

Padang, (Antara Sumbar) - Keluarga Besar SMAN 1 Palembayan, Kabupaten Agam, memberikan bantuan bahan makanan kepada korban banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Menurut Kepala SMAN 1 Palembayan Drs.Wannasri di Palembayan, Selasa menyebutkan bantuan yang diserahkan melalui panitai di kecamatan setempat itu untuk membantu korban banjir bandang yang menghantam empat jorong di Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh.

"Setelah membaca berita di media dan mendapat informasi dari Camat Palembayan, kami bersama Komite sekolah langsung bergerak mengumpulkan sumbangan untuk membantu korban banjir," ujarnya.

Sumbangan baik dalam bentuk bahan-bahan konsumtif maupun dalam bentuk uang tersebut kemudian akan disalurkan kepada warga Solok Selatan yang terdampak banjir melalui panitia di kecamatan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada siswa, komite , majelis guru dan karyawan serta siswa siswi yang telah berpartisipasi dalam meringankan duka saudara kita di Solok Selatan tersebut," katanya

"Semoga dengan bantuan ini akan dapat meringankan beban duka saudara kita," sebutnya.

Banjir ini terjadi pada Kamis (14/9) sekitar pukul 20.30 WIB.

Berdasarkan data BNPB, yang tercatat hingga saat ini terdapat 56 KK di daerah Bancah Anak Lolo atau sebanyak 218 jiwa terdampak akibat banjir bandang dan 46 unit rumah rusak (12 rusak berat, 6 rusak sedang, 28 rusak ringan). Kemudian di daerah Batang Lolo Atas terdapat 62 KK atau 224 jiwa terdampak dan 59 unit rumah rusak (11 rusak berat, 48 rusak ringan).

Daerah Jorong Batu Kulambai terdapat 41 KK atau 126 jiwa terdampak dan 32 rumah rusak (19 rusak berat, 13 rusak ringan). Terakhir di daerah Jorong Batang Lolo terdapat 1 KK atau 3 jiwa terdampak dan 1 unit rumah rusak ringan. (*)