Wisata Makan Bajamba Segera Hadir di Bukittinggi

id Makan Bajamba

Wisata Makan Bajamba Segera Hadir di Bukittinggi

Warga Kota Bukittinggi, Sumateta Barat (Sumbar), mengikuti acara Makan Bajamba. (ANTARA SUMBAR/Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat menyiapkan paket wisata makan bajamba di lokasi objek wisata Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK).

Wakil Wali Kota setempat, Irwandi di Bukittinggi, Selasa, mengatakan langkah itu disiapkan untuk menambah daya tarik di objek wisata yang merupakan penyumbang terbesar pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi objek wisata.

Makan bajamba yaitu makan bersama di mana beberapa orang duduk melingkari wadah yang telah berisi hidangan dan biasa dilakukan pada acara adat atau perayaan tertentu.

Selain menambah daya tarik objek wisata, menurutnya makan bajamba termasuk budaya yang mesti dilestarikan dan dinilai dapat menarik minat wisatawan dari luar daerah untuk mencoba.

"Karena ini Bukittinggi, maka tata cara makan bajamba yang dikenalkan adalah sesuai adat kurai, orang asli Bukittinggi," ujarnya.

Paket wisata makan bajamba disediakan di objek wisata Rumah Adat Baanjuang yang berada di dalam kawasan TMSBK.

Sebagai pendukung pemerintah daerah tengah mempersiapkan baju adat yang dapat dipakai pengunjung, prosesi makan bajamba sesuai adat kurai, pemandu yang akan mengenalkan pada pengunjung terkait budaya tersebut dan persiapan teknis lainnya.

"Kami siapkan dalam waktu dekat ini. Anggaran seperti untuk pengadaan baju adat juga telah disiapkan dalam perubahan APBD 2017," katanya.

Paket wisata makan bajamba diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu sekaligus memperkuat wisata halal yang sedang dikembangkan di Sumbar. (*)