Sumbar Sementara Tempati Posisi Delapan Popnas 2017

id Popnas 2017

Sumbar Sementara Tempati Posisi Delapan Popnas 2017

Ilustrasi - Popnas XIV/2017 di Jateng. (cc)

Padang, (Antara Sumbar) - Kontingen Sumbar sementara menempati posisi kedelapan dari 28 provinsi pada perolehan jumlah medali dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017, di Jawa Tengah.

"Untuk sementara Sumbar mengumpulkan enam emas, tiga perak dan sepuluh perunggu," kata Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Rasydi Sumetri dihubungi di Padang, Senin.

Dia menyebutkan hingga hari kelima , Minggu (17/9) enam emas disumbangkan Fajar Hidayat di cabang atletik 5.000 m putra, Hendrik Marlyonda di atletik 2.000 m steplechese putra, Yusril Mahendra di cabang judo kelas 46-50 kg, Huggies Yustisio dari karate 68 kg putra.

Kemudian cabang yang diandalkan yakni gulat menyumbang dua medali emas masing-masing melalui Yoris Adeli Saputra di gaya bebas 58 kilogram dan Randa Riandesta di gaya bebas 69 kg.

Tiga perak, tambahnya masing-masing disumbangkan dua atlet dari atletik dan satu gulat.

Sedangkan sepuluh perunggu diraih dari cabang atletik, gulat, senam, karate dan sepak takraw.

"Sesuai prediksi atlet dari cabang individu dan bela diri menyumbang banyak medali dibanding yang kelompok," kata dia.

Hasil ini memberikan peluang Sumbar memperbaiki posisi dari Popnas sebelumnya di Jawa Barat yang meraih peringkat lima dengan sebelas emas.

Dengan menyisakan empat hari lagi peluang masih mungkin dari cabang bela diri dan individu lainnya.

"Kami berharap ajang Popnas menjadi batu loncatan untuk tingkat yang lebih tinggi seperti Pekan Olahraga Nasional," sebutnya.

Sementara itu Ketua KONI Sumbar Syaiful menilai ajang Popnas sebagai ajang pencarian atlet berprestasi dan profesional.

Dia berharap atlet yang meraih prestasi di Popnas bisa melanjutkan ke tingkat senior dan berprestasi di nasional maupun nasional. (*)