Pemkot Padang Siap Fasilitasi Komunitas Penggiat Wirausaha

id Mahyeldi Ansharullah

Pemkot Padang Siap Fasilitasi Komunitas Penggiat Wirausaha

Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat menyatakan kesiapannya untuk memfasilitasi gerakan sebuah komunitas yang fokus dalam menggiatkan wirausaha mandiri di daerah tersebut.

"Sudah ada Tangan di Atas, Syarikat Saudagar Minang, Genpro semuanya fokus memperkuat kewirausahaan di Padang, tentu akan kami dukung," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah di Padang, Senin.

Pemberian fasilitas ini sebutnya seperti memberikan ruang untuk kegiatan seminar, pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Sebagai contoh gelaran untuk pelatihan kewirausahaan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Padang oleh salah satu komunitas beberapa waktu lalu.

Bahkan sebelum itu beberapa komunitas telah menginisiasi munculnya UMKM yang kreatif dan inovatif, seperti usaha dalam bidang rendang, sirsak, bengkuang atau kerajinan.

"Kami akan mendukung selama komunitas terus memunculkan wirausahawan baru yang kreatif dan produktif," ujar dia.

Dia berharap setelah munculnya inisiator tersebut, masyarakat lain membuat komunitas serupa dan terus bertambah.

Bila perlu setelah sukses di Padang bisa menularkan ke daerah lain.

Keberadaan komunitas tersebut amat mendukung penciptaan generasi emas yang produktif karena sebagian besar digawangi oleh pemuda.

Terlebih kebutuhan pengusaha di Indonesia saat ini cukup besar, karena bila dibandingkan negeri tetangga jumlahnya masih kalah.

"Dengan bertambahnya pengusaha semakin terbuka lapangan kerja, dan pengangguran dapat diminimalkan," sebutnya. (*)