1.021 Pelari Se-Sumbar Ikuti Pariaman Run

id pelari

1.021 Pelari Se-Sumbar Ikuti Pariaman Run

Ilustrasi (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Sebanyak 1.021 pelari se-Sumatra Barat (Sumbar) mengikuti kegiatan lomba lari Pariaman Run yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat di Pantai Kata, Minggu.

"Jumlah peserta Pariaman Run tersebut berasal dari masyarakat umum Kota Pariaman, atlet lari se-Sumbar, TNI, Polri dan pelajar," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman, Kaderi di Pariaman.

Ia merinci Pariaman Run diikuti 95 orang masyarakat Kota Pariaman, kemudian dari kabupaten dan kota se-Sumbar 131 orang, TNI dan Polri 132 orang serta pelajar 638 orang.

Pariaman Run dilaksanakan dalam rangka Hari Olahraga Nasional dan Hari Ulang Tahun TNI ke-72 dengan menggelar lomba lari 10 kilometer untuk tingkat umum dan lima kilometer untuk tingkat pelajar se-Kota Pariaman.

Untuk rute 10 kilometer dimulai dari kawasan Pantai Kata menelusuri pantai hingga ke Desa Sunur perbatasan Kota Pariaman dengan Kabupaten Padangpariaman, kemudian kembali ke lokasi awal.

"Sedangkan untuk rute lima kilometer dimulai dari Pantai Kata menuju arah Desa Sunur namun hanya hingga kilometer tiga dan kembali ke lokasi awal," ujar dia.

Even tersebut dilaksanakan di salah satu kawasan wisata yakni dengan garis awal dan akhir di Pantai Kata, Desa Taluak.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman mengatakan kegiatan Pariaman Run merupakan salah satu langkah awal dalam mewujudkan Pariaman sebagai Kota Wisata Olahraga atau Sport Tourism untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan di daerah itu.

"Pariaman adalah salah satu kota tujuan wisata sehingga pengembangannya perlu dilaksanakan melalui berbagai sektor termasuk olahraga," katanya.

Ia menjelaskan penataan kawasan wisata di Pariaman telah dilaksanakan berbasis lingkungan dan budaya, namun perlu diramaikan dengan menggelar berbagai even.

Termasuk salah satunya dengan menjadikan Pariaman sebagai Kota Wisata Olahraga melalui adanya even Pariaman Run.

"Ini merupakan even olahraga tingkat provinsi, selanjutnya akan diselenggarakan tingkat nasional dan internasional sehingga dapat memicu warga untuk berprestasi dan mendongkrak tingkat kunjungan," katanya.

Secara umum, ia menilai Pariaman sebagai Kota Wisata Olahraga akan mampu melahirkan atlet-atlet handal dan warga setempat dapat terlibat aktif dalam berbagai kegiatan dan lomba keolahragaan.

Sebab, kata dia, selain mencari bibit atlet, kota wisata olahraga juga bertujuan menghindarkan generasi muda dari bahaya narkoba sehingga nantinya terbentuk generasi baik, sehat jasmani dan rohani.

Pada kegiatan Pariaman Run tersebut, hasil lomba kelompok umum putri peringkat pertama disabet oleh Eva Desiana asal Kota Pariaman, kemudian peringkat kedua Juni Ramayani asal Kota Padang Panjang, ketiga Difti dari Kabupaten Solok, keempat Fitria dari Kota Solok, kelima Monik dari Kabupaten Solok, keenam Hariken Marta dari Kabupaten Solok, ketujuh oleh Riska dari Kabupaten Limapuluh Kota dan Rita Ariani.

Sementara kategori umum putra juara pertama diraih oleh Udin salah seorang prajurit TNI Kodim 0308 Pariaman, disusul Hamdan Sayuti posisi kedua asal Kota Pariaman, peringkat ketiga Emyunus asal Kabupaten Limapuluh Kota, peringkat empat Rori Satri asal Kabupaten Limapuluh Kota.

Kemudian lanjut dia, peringkat kelima diraih Deni Ardinata, peringkat keenam disabet oleh Khairul Irfan asal Kabupaten Solok Selatan, peringkat ketujuh Ilham Aprigitono asal Solok, dan Hanif Pulhadi dari Kabupaten Padangpariaman. (*)