Bupati Solok Peroleh Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka

id Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka

Bupati Solok Peroleh Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka

Bupati Solok, Gusmal menerima penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka dari Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando di Jakarta. (Humas Pemkab Solok)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Bupati Solok, Sumatera Barat Gusmal memperoleh penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka yang diberikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando di Jakarta.

Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando di Jakarta, mengatakan penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka diberikan kepada para pemimpin daerah yang dianggap berhasil memfasilitasi dan mendorong budaya membaca dengan menyediakan berbagai sarana dan prasarana.

"Betapa pentingnya membaca untuk masyarakat bangsa Indonesia, apalagi di zaman serba modern seperti sekarang ini," ujarnya.

Ia menjelaskan budaya baca di Indonesia sebenarnya tidaklah rendah, banyak masyarakat kita yang ingin membaca, tetapi penyebaran buku bacaan belumlah merata, banyak sekali saudara kita yang di pedalaman yang tidak terjangkau mendapatkan buku.

Penghargaan ini merupakan bentuk penghargaan tertinggi yang diberikan Perpustakaan Nasional kepada pihak-pihak yang dinilai telah berkontribusi besar bagi pengembangan perpustakaan dan minat baca di daerahnya.

Ada beberapa kategori penghargaan yang diberikan, yaitu dari elemen masyarakat, instansi, maupun unsur pemerintah.

"Semoga para pemenang dan penerima penghargaan menjadi pemacu semangat kita untuk terus memajukan minta baca Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Solok Gusmal mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Solok yang dengan kerja samanya sudah bisa membangun minat baca di daerah tersebut.

Juga seluruh kepala sekolah dan wali nagari yang telah berperan aktif membangun perpustakaan di nagari dan daerah kita masing-masing.

Ia berharap nantinya seluruh nagari memiliki perpustakaan nagari yang memuat buku-buku ilmu pengetahuan dalam rangka menambah wawasan dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari.

"Mari kita tumbuhkan pustaka-pustaka sekolah dan membangun minat baca kita di sekolah," ujarnya.

Untuk meningkatkan budaya membaca, Bupati juga memerintahkan kepada guru untuk tidak membuat atau mengambil soal dari internet untuk diberikan kepada siswa, sehingga mereka nanti akan mencari jawabannya di internet juga, jadi malas untuk membaca dari buku. (*)