Gubernur dan Ketua Tim PKK Dinobatkan Ayah Bunda Gendre Sumbar

id #Gendre #BKKBN #Sumbar

Gubernur dan Ketua Tim PKK Dinobatkan Ayah Bunda Gendre Sumbar

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Bupati Yuswir Arifin dan Ketua Tim PKK Provinsi Ny. Nevi memperlihatkan piagam penobatan sebagai ayah bunda gendre. (c)

Muaro (antara sumbar) Gubernur Sumater Irwan Prayitno dan Ketua Tim PKK Provinsi Ny. Nevi Irwan Praytino dinobatkan sebagai Ayah Bunda Gendre Sumatera Barat pada momentum Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat provinsi di Kabupaten Sijunjung.

Intensifikasi peran PKK dalam program KB Nasional dan Pembangunan Kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu dengan lintas sektoral terkait di semua tingkat wilayah dalam rangka membangun keluarga berkualitas.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang berkualitas dalam program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, dibuka gubernur di Wana Wisata Talabang Sakti Kamang Baru, Jumat.

Hadir pada Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan BKKBN, Bupati Sujunjung, Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung beserta Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Sekdakab, Staf Ahli Bupati, Asisten I,II,III, Para Kepala OPD, Instansi Vertikal/BUMN/BUMD Kabupaten Sijunjung, Kabag Sekdakab, Camat Se-Kabupaten Sijunjung, serta undangan lainnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar Nofrizal dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan akan bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi KB-Kesehatan di desa dengan kader-kader sebagai ujung tombak, serta keluarga sebagai fokus sasaran utama.

Dalam pelaksanaannya, tim operasional kesatuan gerak PKK KB-Kesehatan tingkat provinsi akan melaksanakan roadshow PKK KB-Kesehatan dan Bhakti Sosial ke seluruh kabupaten/kota di Sumbar.

Peserta Jambore PKB/IMP berjumlah 500 orang, 50 orang terdiri dari provinsi dan 450 orang terdiri dari Kabupaten/Kota di Sumbar, diharapkan kerja sama dan koordinasinya, sehingga sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan dari kegiatan ini dapat tercapai dan terlaksana dengan baik.

Ketua Tim PKK Provinsi, Ny. Nevi Irwan Prayitno, mengatakan bahwa kegiatan pemberdayaan yang mendukung Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Kesehatan, mendapat pengakuan yang luas serta sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat.

Kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan peranserta pria dalam rangka keadilan dan kesetaraan gender di masyarakat serta lebih memfokuskan pada kegiatan-kegiatan yang secara langsung dapat meringankan beban keluarga mereka dalam mendapatkan pelayanan KB dan Kesehatan.



Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran dari Provinsi Sumbar yang telah sempat hadir pada kegiatan hari ini sekaligus bupati Sijunjung membuka Jambore 8 kampung KB di Kabupaten Sijunjung dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Sijunjung untuk percepatan program pokok PKK untuk mewujudkan visi dan misi Gerak PKK.***