Sungai Sopan Meluap, Jembatan Penghubung Muaro Sopan-Sopan Jaya Putus

id JEMBATAN PUTUS

Jembatan yang menghubungkan Nagari Muaro Sopan dengan Sopan Jaya Kecamatan Padang Laweh, Kabupaten Dharmaraya putus akibat meluapnya Sungai Sopan. (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen )

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Satu jembatan penghubung antarnagari di Kecamatan Padang Laweh, Kabupaten Dharmasraya , Sumatera Barat (Sumbar), dilaporkan putus akibat meluapnya air Sungai Sopan yang ada di wilayah itu.

Wali Nagari Muaro Sopan, Kecamatan Padang Laweh, Dharmasraya, Ari Asmanto, di Pulau Punjung, Kamis, mengatakan jembatan yang terbuat dari beton dengan panjang sekitar 30 meter tersebut putus sekitar pukul 14.40 WIB.

"Hujan deras yang mengguyur pada Senin pagi mengakibatkan Sungai Sopan meluap dan jembatan penghubung nagari Muaro Sopan dengan Sopan Jaya ini putus," ujarnya.

Ia menjelaskan jembatan tersebut cukup vital keberadaannya karena menghubungkan Nagari (Desa Adat) Muaro Sopan dengan Sopan Jaya dan ketika jembatan tersebut putus, maka warga harus memutar sekitar 30 kilometer melalui Kecamatan Timpeh.

"Jembatan ini akses utama Nagari Muaro Sopan dan dua nagari di Kecamatan Padang Laweh menuju Nagari Sopan Jaya," ujarnya.

Menurutnya kondisi jembatan rusak pada sisi pinggir jembatan karena pondasi telah digerus air sungai sehingga jembatan terban terbawa air.

Ia memastikan tidak akan korban jiwa akibat peristiwa itu. Namun sempat menarik perhatian warga yang berada di dua sisi jembatan untuk melihat langsung dan mengabadikan gambar dengan kamera telepon seluler.

Ia mengatakan putusnya jembatan Sungai Sopan sudah dilaporkan ke instansi terkait untuk kemudian diharapkan mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat.

"Sudah dilaporkan ke pak camat, informasi dari pak camat juga sudah dilaporkan ke pemerintah daerah," ungkapnya.

Sebelumnya Pemerintah Nagari Muoro Sopan, telah mengusulkan perbaikan Jembatan Sungai Sopan menjadi usulan prioritas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2017 yang dilaksanakan pemerintah nagari setempat, Selasa (5/6), tambahnya.

Menurutnya perbikan jembatan tersebut sudah dijanjikan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dimana perbaikannya dilakukan pada 2018 mendatang.

"Sebenarnya dalam Musrenbang kemarin perbaikan Jembatan Sungai Sopan menjadi usulan prioritas berdasarkan aspirasi masyarakat. Dan telah dijanjikan pemerintah daerah akan diperbaiki tahun depan, dengan anggaran mencapai Rp1,3 miliar. Namun buktinya belum sampai tahun depan jembatan ini sudah putus," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar