Selasa, 19 September 2017 - 28 Zulhijjah 1438 H

Gubernur Sumbar Imbau Warga Menyumbang untuk Rohingya

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengimbau masyarakat daerah itu untuk meningkatkan jumlah donasi bagi warga etnis Rohingya yang mengalami krisis kemanusiaan di Myanmar karena hingga saat ini dana yang terkumpul baru sekitar Rp72,5 juta.

"Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat di Sumbar sudah cukup banyak yang menyumbang. Hasilnya memang belum maksimal, karena itu kita tetap imbau agar masyarakat terus memberikan sumbangan," kata dia di Padang, Kamis.

Menurutnya karena sifatnya sumbangan memang tidak bisa dipaksakan. Namun, hati masyarakat tentu akan terketuk mendengar dan melihat tragedi itu di media sosial.

Ia berharap donasi dari warga Sumbar itu bisa terus bertambah agar bisa segera diserahkan pada warga Rohingya melalui lembaga yang memiliki kredibilitas.

Sementara itu Kepala Biro Bina Mental dan Kesejahteraan Masyarakat Sumbar, Syahril B mengatakan sebelas hari pembukaan rekening "Sumbar Peduli Rohingya" dengan nomor 2101.0210.05697-2 di Bank Nagari, dana yang terkumpul sekitar Rp72,5 juta.

Agar bertambah, Pemrov Sumbar menurutnya terus mensosialisasikan pembukaan rekening itu kepada masyarakat dan ASN yang peduli.

Rekening "Sumbar Peduli Rohingya" dibuka sejak Senin(4/9) 2017 sebagai bentuk kepedulian Pemprov Sumbar terhadap penderitaan warga Rohingya. Selain ASN jajaran pemerintahannya yang berjumlah sekitar 22 ribu orang, donasi juga diharapkan dari masyarakat umum.

Jumlah dana yang terkumpul oleh pemerintah provinsi itu tergolong sangat kecil jika dibandingkan target yang diwacanakan Wali Kota Padang, Sumbar Mahyeldi sebesar Rp2,5 miliar.

Juga sangat kecil jika dibandingkan dana yang dikumpulkan oleh wali kota daerah lain di Indonesia seperti Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang berhasil mengumpulkan lebih dari Rp3 miliar.

Sementara itu, aksi pengumpulan bantuan untuk Rohingya juga dilakukan oleh kelompok masyarakat dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Sumbar dengan berbagai macam cara.

Salah satunya adalah dengan meminta sumbangan pada ruas jalan pada kabupaten dan kota di Sumbar. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Joko Nugroho
         Sawahlunto, kota kecil yang berjarak sekitar 80 kilometer dari Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat ...
Baca Juga