Taman Budaya Pamerkan Puluhan Karya Seniman Sumbar

id Pameran Karya Seni

Pengunjung melihat karya seni rupa yang dipamerkan pada Pameran Senirupa Tambo #2, di Galeri Taman Budaya Sumatera Barat, di Padang, Senin (11/9). Pameran tersebut menampilkan 37 karya senirupa terdiri dari 30 lukisan dan 7 seni patung yang digelar Kampuang Sakato, yakni sekumpulan perupa asal Sumbar yang menempuh pendidikan di Yogyakarta. (Antara Sumbar/Iggoy el Fitra/17)

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 37 buah karya seni yang terdiri dari berbagai kategori karya seniman Minang yang tergabung dalam Komunitas Kampuang Sakato dipamerkan pada Pameran Senirupa Tambo #2 di Galeri Taman Budaya Sumatera Barat.

Ketua Panitia pameran, Antoni Eka Putra di Padang, Rabu, mengatakan pameran ini merupakan pameran kedua semenjak berdirinya Komunitas Kampuang Sakato pada tahun 2015 silam.

"Sebanyak 37 karya ini merupakan karya dari 26 orang seniman asli Minang yang sebelumnya telah lulus kurasi," katanya.

Ia menyebutkan pameran ini akan digelar selama satu minggu yang dimulai pada tanggal sembilan hingga 15 September 2017.

Koordinator acara, Herry Desmal mengatakan pameran ini mengangkat tema Sandi, yang mana sandi adalah dasar yang berangkat dari falsafah adat basandi syarak dan syarak basandi kitabullah.

Selain itu ia menjelaskan 37 karya yang dipamerkan ini terdiri dari lukisan, karya fotografi, patung, karya instalasi serta film dokumenter.

Menurutnya seniman-seniman yang terlibat dalam pameran ini merupakan seniman yang karyanya sudah mendapat penghargaan berskala internasional dan juga sering mengikuti pameran di luar negeri.

"Beberapa karya yang di pamerkan saat ini sudah ada yang mendapatkan penghargaan kelas internasional dan juga sudah dipamerkan di luar negeri," ujarnya.

Ia menambahkan untuk tahun 2018 nanti pameran akan dilakukan di Bukittinggi dengan skala yang lebih besar dan akan melibatkan seluruh komunitas dan seniman yang ada di Sumbar.

Salah seorang pengunjung pameran, Eko Dharmawangsa mengatakan beruntung dapat menyaksikan lukisan-lukisan yang dipamerkan pada pameran ini.

Menurutnya lukisan-lukisan yang ada disini merupakan karya dari perupa Sumbar yang sudah sering ke luar negeri untuk memamerkan karyanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar