Selasa, 19 September 2017 - 28 Zulhijjah 1438 H

Pemkab Dharmasraya Latih Kemampuan Bertugas Anggota Linmas

Anggota linmas. (cc)
Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, memberikan pelatihan terhadap 104 anggota perlindungan masyarakat (Linmas) untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam bertugas.

"Tantangan bidang kamtibmas ke depan semakin berat, maka perlu dilakukan peningkatan kemampuan anggota linmas untuk menghadapi itu," kata Kepala Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Dharmasraya, Akrial di Pulau Punjung, Rabu.

Ia menambahkan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada para peserta agar mampu mencegah, mengantisipasi, dan menangani suatu tindakan yang akan menimbulkan gangguan keamanan, ketentraman dan ketertiban.

"Kita latih mereka sehingga paham akan pentingnya keamanan, ketertiban dalam masyarakat, perlu pengetahuan dan pelatihan perlindungan masyarakat," ujar dia.

Menurutnya anggota linmas merupakan ujung tombak di masyarakat untuk menciptakan situasi aman dan kondusif sehingga diminta untuk tetap siaga.

"Selain itu, juga diminta berperan aktif dalam membantu penunggulangan bencana dan gangguang keamanan dan ketertiban masarakat (Kamtibnas)," ujarnya.

Ia meminta anggota linmas harus tetap kompak menjalin kerja sama dan koordinasi yang baik agar tugas di lapangan terlaksana dengan baik dan masyarakat merasa terlindungi.

"Bagi kami peran Linmas ini sangat penting karena mereka berada di masyarakat setiap hari, sehingga mengatahui situasi dan tindakan yang harus dilakukan," ujarnya.

Pelatihan bagi Linmas tersebut, kata dia, merupakan upaya membangun anggota Linmas yang mampu bekerja secara maksimal sesuai dengan tugas masing-masing.

Pemateri yang diadirkan dalam pelatihan tersebut berasal dari pejabat Satpol PP Sumbar Nur Fadila, Dandim 0310/SSD Letkol Inf Irvan Yusri yang mewakli, dan Kapolres Dharmasraya AKBP Rudi Yulianto yang mewakili. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Joko Nugroho
         Sawahlunto, kota kecil yang berjarak sekitar 80 kilometer dari Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat ...
Baca Juga