Ratusan Siswa SD Simpang Rumbio Diberi Makanan Olahan Ikan

id FORIKAN SOLOK

Ratusan Siswa SD Simpang Rumbio Diberi Makanan Olahan Ikan

Ketua Forikan Kota Solok, Zulmietty Zul Elfian memberikan makanan snack olahan ikan secara langsung kepada siswa SD 13 Simpang Rumbio. (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)

Solok, (Antara Sumbar) - Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kota Solok, Sumatera Barat, Zulmiyetti Zul Elfian memberikan makanan tambahan berupa snack olahan ikan kepada ratusan murid sekolah dasar di Halaman SD 13 Simpang Rumbio, Selasa untuk meningkatkan konsumsi ikan di daerah tersebut.

"Jika anak-anak mau pintar dan cerdas maka harus rajin mengkonsumsi ikan," Katanya di Solok, Selasa.

Pada kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada guru di sekolah tersebut yang telah menggerakkan pemberian makanan tambahan olahan ikan kepada murid- murid sekolah dasar.

"Kedepannya, Forikan akan terus berupaya mensosialisasikan makan ikan bagi seluruh orang tua di Kota Solok," ujarnya.

Ia mengatakan, di Kota Solok saat ini sedang dikembangkan budidaya ikan lele yang higienis, makanan lele tersebut diberi dari ayam yang sudah direbus terlebih dahulu di tepi kolam ikan.

"Sehingga ikan lele yang dikonsumsi segar dan sehat, ikan lele memiliki gizi yang sangat tinggi, namun karena sentimen negatif dari masyarakat selama ini membuat ikan lele agak tercoreng namanya," ujarnya.

Semua ikan yang dikonsumsi bernilai gizi tinggi, asalkan ikan tersebut masih segar, selain itu juga terjangkau harganya.

Ia menjelaskan cara mensosialisasikan masyarakat agar tertarik mengkonsumsi ikan, bekerja sama dengan tim penggerak PKK, akan dibuat bermacam ragam makanan olahan dari ikan dengan modal terjangkau oleh masyarakat.

Ia berharap dari kegiatan ini, akan memberikan ide kreatif kepada masyarakat dalam menciptakan makanan berbahan ikan yang disukai anak-anak dan keluarganya. Sehingga, budaya konsumsi makan ikan menjadi lebih meningkat.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian langsung snack olahan ikan secara simbolis kepada tiga orang perwakilan murid SD 13 Simpang Rumbio.

Forikan Kota Solok menyerahkan snack olahan ikan kepada lima sekolah yang ada di Kota Solok, diantaranya Paud anak mande simpang rumbio, Paud al misbah payo, Paud ambun suri laing, SD 13 simpang rumbio dan SD 11 kampung jawa.

Kegiatan ini dilaksanakan berkat kerjasama antara Forikan Kota Solok, Tim Penggerak PKK Kota Solok, Dinas Pertanian Kota Solok dan sekolah-sekolah yang ada di Kota Solok. (*)