Padang Panjang Tingkatkan Kreativitas Penggerak Pariwisata

id Dalius

Sekretaris Dinas Pariwisata Padang Panjang, Dalius. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, terus meningkatkan kreativitas penggerak pariwisata dengan mengadakan festival budaya.

"Mobilitas kepariwisataan cukup tinggi belakangan ini, maka dari itu kita dituntut lebih kreatif dalam menarik kunjungan wisatawan melalui festival budaya," kata Sekretaris Dinas Pariwisata setempat, Dalius di Padang Panjang, Selasa.

Ia menambahkan kegiatan festival budaya harus mampu dimanfaatkan sebagai ajang untuk membangkitkan seni budaya dan ekonomi kreatif dalam mendukung pembangunan sektor pariwisata.

Karena sektor ini telah nyata bisa mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat, yang berdampak besar bagi tumbuhnya sektor-sektor lain.

Pada festival budaya tersebut, Pemkot Padang Panjang mengadakan pelbagai kegiatan yang bisa melestarikan budaya dan membangkitkan kreativitas penggerak pariwisata.

"Ada sejumlah kegiatan selama festival budaya itu mulai dari penampilan kesenian minang seperti lagu dan tari, lomba layangan dan lainnya," kata Dalius yang juga didampingi Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Padang Panjang Busmar Candra.

Untuk jadwal pelaksanaan festival budaya itu direncanakan pada November 2017. "Puncaknya nanti juga sekalian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota pada 1 Desember 2017," sebutnya.

Ia berharap semua elemen masyarakat bisa mendukung teraksananya festival budaya tersebut. "Dukungan semua pihak sangat kami butuhkan demi suksesnya festival budaya," katanya.

Anggota DPRD Padang Panjang Hendra Saputra menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dalam memajukan dunia pariwisata di daerah itu.

"Pariwisata merupakan salah satu faktor untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan, maka dari itu Pemkot harus bisa merencanakannya dengan matang demi tercapai apa yang diharapkan," jelasnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar