1.555 Haji Debarkasi Padang Tiba di Indonesia

id haji

1.555 Haji Debarkasi Padang Tiba di Indonesia

Pemulangan Jamaah Haji. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Padang, Sumatera Barat, mencatat sebanyak 1.555 haji asal provinsi itu telah tiba di Indonesia hingga Selasa terdiri atas empat kelompok terbang (kloter).

"Dari 1.555 haji tersebut terdiri atas 617 pria dan 938 perempuan yang dipulangkan lewat Bandara Internasional Minangkabau di Padangpariaman," kata Sekretaris PPIH Debarkasi Padang, Syamsuir di Padang, Selasa.

Menurut dia hingga kedatangan kloter IV semua berjalan dengan baik dan belum ditemukan kendala dalam proses kepulangan.

Ia menjelaskan tiba di Bandara Internasional Minangkabau, seluruh jamaah dibawa ke Asrama Haji Tabing untuk kemudian dilepas secara simbolis kepada panitia daerah.

Tiba di Asrama Haji Tabing jamaah harus melewati pendeteksi suhu (thermal scaner) untuk mengantisipasi kemungkinan tertular penyakit dari Tanah Suci.

"Ini dilakukan untuk memastikan suhu tubuh normal dan jika ada yang terindikasi panas dapat diambil langkah antisipasi lebih cepat," lanjut dia.

Sementara hingga saat ini sudah 13 orang haji Debarkasi Padang yang meninggal dunia di Tanah Suci didominasi oleh mereka yang berusia diatas 60 tahun atau risiko tinggi.

Total haji Debarkasi Padang yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini mencapai 6.337 orang terdiri atas Sumbar 4.629 orang, Bengkulu 1.628 orang, serta didampingi 80 petugas yang tersebar dalam 16 kloter.

Jumlah haji yang berangkat tahun ini mengalami peningkatan sekitar 20 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 4.946 orang terdiri atas 11 kloter.

Sebelumnya Humas PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau Fendrick Sondra memastikan pihaknya siap melayani kedatangan jamaah dengan semua fasilitas yang telah dipersiapkan.

Terkait pesawat haji yang digunakan jenis Boeing 777-300 ER yang berbadan besar ia memastikan pesawat tersebut bisa mendarat di BIM dengan baik.

"Kami sudah siapkan semuanya mulai dari navigasi, parking stand serta fasilitas pendukung lainnya," ujar dia. (*)