Pemkot Solok Adakan Jalan Sehat Peringati Haornas

id pemkot jalan sehat solok

Pemkot Solok Adakan Jalan Sehat Peringati Haornas

Jalan sehat dalam memperingati hari olahraga nasional ke 43 di Balaikota Solok, Sabtu (9/9). (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Solok, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat mengadakan jalan sehat yang diikuti OPD serta ratusan pelajar Kota Solok dalam memperingati hari olahraga nasional (Haornas) yang ke-43 di lapangan kantor Balaikota pada Sabtu.

"Kegiatan jalan sehat untuk memperingati hari olahraga nasional adalah sebagai bentuk peduli kita dengan kegiatan olahraga dengan tujuan menjaga kesehatan," kata Walikota Solok Zul Elfian di Solok, Sabtu.

Ia mengatakan olahraga telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam melakukan aktivitas fisik, maupun hanya sekedar menonton acara olahraga seperti pertandingan sepak bola.

Lanjutnya, sesuai arahan menteri pemuda dan olahraga Imam Nahrawi, untuk menindak lanjuti instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan Kementerian pemuda dan olahraga telah secara resmi meluncurkan gerakan "Ayo Olahraga".

"Melalui program ini Kementrian Pemuda dan Olahraga berharap semua komponen bangsa bahu-membahu menggerakkan seluruh lapisan masyarakat baik pelajar, mahasiswa, pekerja untuk hidup aktif utamanya melalui olahraga secara rutin dan teratur, apapun olahraganya," ujarnya.

Selain itu, sudah terdapat tiga kegiatan utama olahraga yang telah difasilitasi oleh Kemenpora kepada masyarakat pada tahun 2017 ini yaitu, Gowes Pesona Nusantara, Gala Desa, dan Liga Sepak Bola Pelajar Berjenjang.

"Kegiatan ketiga ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar mau bergerak, terbiasa melakukan aktivitas fisik sehingga menjadikan olahraga sebagai gaya hidup (lifestyle)," ujarnya.

Ia menyebutkan melalui olahraga akan menguatkan nilai-nilai sportivitas, persaudaraan, kerjasama, fairplay serta saling menghargai dan menghormati.

Inilah nilai-nilai yang ada dalam olahraga yang akan mempererat rasa persatuan dan kebangsaan, sehingga semuanya program selaras dengan pemerintah tentang revolusi mental.

Walikota Solok berharap kepada masyarakat untuk berperan aktif sesuai dengan tugasnya masing-masing pada perhelatan internasional Sea Games tahun 2018 yang Tuan rumahnya Indonesia di Jakarta dan Palembang demi kebesaran dan keharuman bangsa.

Pada penutupan upacara juga disampaikan 16 Atlit berprestasi Kota Solok tahun 2017 yaitu, dua orang dari bidang olahraga catur, dua orang atlit Karate, satu orang atlit sepaktakraw, empat orang dari bidang atletik, satu atlit Tarung derajat, dua atlit dari Wushu, satu atlit bola basket, dua atlit gulat dan satu atlit balap Sepeda.

Juga pelatih dan wasit berprestasi dalam bidang olahraga masing-masing dan dilanjutkan dengan jalan sehat yang dimulai dari depan Balaikota Solok melewati Taman Syekh Kukut dengan doorprize berhadiah. (*)