Kontingen Sumbar Berkekuatan 188 Orang Ikuti Popnas 2017

id Kontingen Sumbar

Kontingen Sumbar Berkekuatan 188 Orang Ikuti Popnas 2017

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit sedang memberikan motivasi dan semangat kepada atlet yang akan bertanding di Popnas 2017, Sabtu (9/9). Pada Popnas ini Sumbar berkekuatan 188 orang. (Pratiwi/Antara Sumbar) .

Padang, (Antara Sumbar) - Kontingen Sumatera Barat berkekuatan 188 orang yang akan berangkat mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) di Jawa Tengah pada tanggal 12 hingga 20 September 2017.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Priadi Syukur di Padang, Sabtu mengatakan 188 kontingen itu terdiri dari 147 atlet yang akan mengikuti sebanyak 15 cabang olahraga.

"Sumbar mengikuti 15 cabang olahraga dari 21 cabang yang dipertandingkan dalam Popnas tersebut," katanya.

Dari 188 orang itu terdiri dari 80 orang atlet dan pelatih yang dibiayai oleh APBD Sumbar dan 98 orang atlet dan pelatih yang dibiayai melalui dana kabupaten/kota, masyarakat dan orangtua, serta 10 orang official.

Ia menyebutkan, 15 cabang itu yaitu basket, sepak bola, pencak silat, atletik, taekwondo, judo, gulat, senam, sepak takraw, panahan, tinju, tarung derajat, bola voli pasir, karate, dan angkat besi.

Kemudian juga terdapat tiga cabang yang diikuti dari empat cabang olahraga eksibisi yang dipertandingkan yaitu wushu, anggar dan tebing.

Ia berharap, para atlet dapat mempertahankan peringkat lima besar nasional dengan perolehan sebanyak 12 emas.

"Untuk itu para atlet diharapkan disiplin, bekerja keras dan tetap manjaga stamina dalam mengikuti pertandingan itu," katanya.

Pihaknya, katanya optimis terhadap hasil yang akan diperoleh Sumbar pada Popnas 2017.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit berharap minimal para kontingen dapat mempertahankan kembali peringkat yang diraih sebelumnya.

Pada pelaksanaan Popnas di tahun 2013 di DKI Jakarta dan 2015 di Jawa Barat.

Untuk itu, Ia mengingatkan para atlet agar selalu menjaga kesehatan, sehingga dapat maksimal dalam mengikuti setiap pertandingan. (*)