Senin, 25 September 2017 - 5 Muharram 1439 H

Sumbar Tidak Memiliki Target Khusus Pada Popnas 2017 di Jawa Tengah

Ilustrasi - Popnas XIV/2017 di Jateng. (cc)
Padang, (Antara Sumbar) - Kontingen Sumatera Barat (Sumbar), menyatakan tidak memiliki target khusus dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 di Jawa Tengah dan hanya menjadikan ajang olahraga tersebut sebagai upaya pencarian bibit baru atlet.

"Kami hanya berharap perolehan medali lebih baik dari pelaksanaan Popnas sebelumnya serta muncul atlet berprestasi yang potensial," kata Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Rasydi Sumetry di Padang, Jumat.

Menurutnya target mencari atlet baru ini relevan bagi kontingen Sumbar mengingat dalam tiga terakhir penyelenggaraan Popnas, prestasi kontingen belum bisa disejajarkan dengan provinsi lainnya.

Meski pada Popnas Jabar 2015, kontingen Sumbar berhasil meraih peringkat kelima dengan 11 emas, 7 perak dan 24 perunggu.

Dia menyebutkan beberapa atlet harapan yang dapat menjadi cikal bakal andalan seperti di atletik yang pada Popnas kali ini mengandalkan dua atlet di pelatnas junior.

Kemudian atlet dari cabang olahraga taekwondo yang pada kejuaraan sebelum Popnas meraih emas di ajang Banten Terbuka, perak Pra-PON Remaja.

Harapan juga muncul di cabang gulat, senam dan tarung derajat yang pada Popnas sebelumnya mampu konsisten meraih medali.

"Untuk medali, atlet tidak akan diberikan beban apapun agar bisa fokus bertanding," ujar dia.

Meskipun demikian, tambahnya atlet ini akan disiapkan untuk pelaksanaan PON di Papua pada 2020.

Dia berharap sebanyak 147 atlet yang berangkat tersebut dapat bertanding maksimal dan menimba pengalaman menghadapi atlet berskala nasional.

Ketua KONI Sumbar, Syaiful berharap atlet yang ikut Popnas dan PON Remaja dapat menggantikan atlet senior berprestasi saat ini seperti Yaspi Bobby, Anton Yuspermana atau Marstio.

Dia berpesan kepada atlet pelajar yang bertanding untuk tidak terbebani dan tampil lepas serta selalu semangat baik kalah maupun menang.
Sementara itu Kontingen Popnas Sumbar akan berangkat ke Jawa Tengah pada 10 September 2017.

Dalam Popnas yang digelar pada 10 hingga 20 September 2017, Sumbar akan ikut 15 cabang dari keseluruhan 21 cabang olahraga. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga