Jamaah Haji Dharmasraya Pulang 16 September

id haji

Jamaah Haji Dharmasraya Pulang 16 September

Pemulangan Jamaah Haji. (Antara)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Jamaah haji asal Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dijadwalkan dipulangkan melalui Jeddah, Saudi Arabia menuju Indonesia pada Sabtu (16/9) 2017.

"Jamaah akan tiba dan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau Padangpariaman pada Minggu (17/9) sekitar pukul 08.15 Wib," kata Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Dharmasraya, Suhardi saat dihubungi di Pulau Punjung, Rabu.

Ia mengatakan jamaah selanjutnya akan transit di Asrama Haji Kota Padang selama satu jam, selanjutnya berangkat menuju Kabupaten Dharmasraya melalui jalur darat.

Setiap jamaah akan memperoleh air zam-zam sebanyak lima liter yang dibagika di asrama haji.

Ia menyebutkan seluruh jamaah haji Kabupaten Dharmasraya hingga hari ini secara keseluruhan dalam keadaan sehat.

"Alhamdulillah semuanya masih dalam keadaan sehat," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Padang Syamsul, menyebutkan Debarkasi Haji Padang memberangkatkan 6.347 calon haji pada musim haji 2017 terdiri atas 16 kelompok terbang.

Dari 6.347 calon haji tersebut 4.628 orang berasal dari Sumbar dan 1.641 orang dari Bengkulu.

Jumlah calon haji yang berangkat tahun ini mengalami peningkatan sekitar 20 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 4.946 orang terdiri atas 11 kloter.

Sebelumnya Humas PT Angkasa Pura II BIM Fendrick Sondra memastikan pihaknya siap melayani kedatangan jamaah dengan semua fasilitas yang telah dipersiapkan.

Terkait pesawat haji yang digunakan jenis Boeing 777-300 ER yang berbadan besar, ia memastikan pesawat tersebut bisa mendarat di BIM dengan baik.

"Kami sudah siapkan semuanya mulai dari navigasi, parking stand serta fasilitas pendukung lainnya," ujar dia. (*)