Ratusan Pelajar di Pesisir Selatan Diliburkan Akibat Banjir

id Banjir

Ratusan Pelajar di Pesisir Selatan Diliburkan Akibat Banjir

Sekolah Dasar Negeri 38 Seberang Tarok, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan diliburkan akibat banjir. (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antara Sumbar) - Sebanyak 159 pelajar di SDN 38 Seberang Tarok, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, diliburkan karena sekolah mereka terendam banjir akibat hujan deras pada Selasa (5/9).

"Banjir tidak hanya merendam pekarangan sekolah namun juga ruang belajar sehingga pelajar kami liburkan," kata guru kelas SDN 38 Seberang Tarok, Rosmaneli di Painan, Rabu.

Ia menambahkan banjir kerap melanda sekolah itu karena tingginya intensitas hujan juga karena tidak lancarnya drainase. Sekolah tersebut berada pada kondisi tanah yang agak rendah.

Kendati kebanjiran beberapa pelajar pada pagi harinya tetap mendatangi sekolah dan setelah itu kembali pulang ke rumahnya masing-masing.

Selain menyebabkan sebuah sekolah diliburkan, banjir di Kecamatan Lengayang juga menyebabkan terendamnya puluhan rumah warga.

"Hujan mulai terjadi sejak Selasa (5/9) siang dan banjir mulai menggenangi rumah warga sekitar pukul 17.00 WIB," sebut Wali Nagari (Kepala Desa Adat) Lakitan Tengah, Irwandi.

Ketinggian air mencapai satu setengah meter dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Ia menambahkan nagari yang dipimpinnya merupakan daerah langganan banjir bahkan sejak 21 Agustus 2017 sampai sekarang telah terjadi banjir hingga tiga kali.

Hal tersebut terjadi selain karena intensitas hujan yang tinggi juga dikarenakan Sungai Batang Lakitan yang mengalami pendangkalan sehingga tidak mampu menampung debit air. (*)