Musrenbang Muaro-Sopan Prioritaskan Perbaikan Jembatan Sungai Sopan

id perbaikan jalan

Musrenbang Muaro-Sopan Prioritaskan Perbaikan Jembatan Sungai Sopan

Ilustrasi perbaikan jalan. (ANTARA FOTO)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Nagari (Desa Adat) Muoro Sopan, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), mengusulkan perbaikan Jembatan Sungai Sopan menjadi usulan prioritas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2017 yang dilaksanakan pemerintah nagari setempat, Selasa (5/6).

"Kami berharap usulan masyarakat ini selanjutnya dapat diakomodir dalam musrembang tingkat kecamatan dan kabupaten," kata Wali Nagari Muro Sopan, Kecamatan Padang Laweh, Ari Asmanto di Pulau Punjung, Rabu.

Ia menjelaskan keberadaan jembatan Sungai Sopan merupakan urat nadi perekonomian masyarakat perbatasan tiga provinsi, yakni Kecamatan Sungkai, Riau, Kecamatan Tanjung, Jambi, dan, Kecamatan Padang Laweh, Sumbar.

Ia menyebutkan kondisi jembatan Sungai Sopan saat ini dalam keadaan rusak parah, sehingga diperlukan perbaikan sebelum terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Menurutnya perbikan jembatan tersebut sudah dijanjikan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dima perbaikannya dilakukan pada 2018 mendatang.

"Dalam acara musrenbang pejabat Dinas PUPR menyampaikan jembatan Sungai Sopan akan dibangun tahun depan dengan alokasi sekitar Rp1,3 miliar, sebelumnya rencana ini juga sudah disampaikan Kepala Dinas PUPR, meski demikian kami tetap menajdikan perbaikan jembatan menjadi usulan priotas dalam musrembang tingkat kecamatan," jelasanya.

Pemerintah Nagari Muaro Sopan merangkum 31 usulan dari masyarakat dalam Musrenbang nagari itu pada 2017, kata dia.

Ia menjelaskan usulan tersebut terdiri atas 11 poin fisik, sembilan poin usulan ekonomi, 10 poin usulan sosial budaya, dan satu usulan pembagunan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Usulan ini selanjutnya akan dibawa dalam musrenbang tingkat kecamatan, kami berharap apa yang menjadi usulan prioritas masyarakat dapat diakomodir tahun ini," ujarnya.

Ia menambahkan pelaksanaan Musrenbang Nagari Muaro Sopan dihadiri pejabat dari Bappeda ,Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Diana Pekerja Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Dinas Kesehatan.

Ketua Badan Musyawarah Nagari (Bamus) Muaro Sopan, Aripin berharap pemerintah kabupaten Dharmasraya menjadikan perbaikan jembatan Sungai Sopan menjadi program prioritas untuk tahun anggaran 2018.

"Jembatan ini dimanfaatkan seluruh masyarakat di Kecamatan Padang Laweh, jadi ini bukan saja usulan masyarakat Muaro Sopan saja," ujarnya. (*)