Gubernur Lantik Wali Kota Payakumbuh 23 September

id Mardi

Gubernur Lantik Wali Kota Payakumbuh 23 September

Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Provinsi Sumbar, Mardi (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dijadwalkan melantik pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Kota Payakumbuh, Riza Falepi dan Erwin Yunaz pada Sabtu (23/9) di auditorium gubernuran.

"Petunjuk pelantikan sudah turun dari Kementerian Dalam Negeri. Pelaksanaannya bertepatan dengan habisnya masa jabatan pasangan kepala daerah periode sebelumnya, Sabtu 23 September 2017," kata Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Provinsi Sumbar, Mardi di Padang, Rabu.

Menurut dia, Pemprov Sumbar akan menyiapkan prosesi pelantikan. Undangan disiapkan setelah berkoordinasi dengan kepala daerah terpilih.

"Jumlah undangan dan siapa yang akan diundang akan kita koordinasikan," kata dia.

Pilkada Payakumbuh dilaksanakan pada 15 Februari 2017 untuk menentukan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh periode 20172022.

Itu merupakan pemilihan kepada daerah ketiga bagi Payakumbuh yang dilakukan secara langsung menggunakan sistem pencoblosan.

Jadwal pemilihan mengikuti jadwal Pilkada serentak gelombang kedua pada 2017.

Di Sumatera Barat, hanya Payakumbuh dan Kepulauan Mentawai yang ikut dalam jadwal pilkada serentak 2017.

Pada Pilkada itu pasangan Riza Falepi dan Erwin Yunaz ditetapkan sebagai pasangan terpilih pada pemilihan kepala daerah serentak 2017 mengalahkan pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi dan pasangan Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri.

Dari total 57.178 suara yang sah, pasangan Riza dan Erwin meraih 24.946 suara atau 43,62 persen. Sedangkan pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi mendapatkan 11.058 suara atau 19,33 persen dan pasangan Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri memperoleh 21.174 suara dengan persentase 37,03 persen.

Riza Falepi dan Erwin Yunaz adalah kepala daerah terakhir pada pilkada serentak 2017 yang dilantik. Sebelumnya, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet dan Kortanius Sabaeleake sudah dilantik pada 22 Mei 2017. (*)