Wartawan India Ditembak Mati di Luar Rumahnya

id jurnalistik

Wartawan India Ditembak Mati di Luar Rumahnya

Jurnalis. (cc)

New Delhi, (Antara Sumbar) - Seorang wartawan senior India ditembak hingga mati oleh orang-orang tak dikenal pada Selasa di Bengaluru, kota di bagian selatan negara itu, polisi mengatakan.

Jasad Gauri Lankesh, wanita editor sebuah surat kabar mingguan India, ditemukan tergeletak berceceran darah di dluar rumahnya.

"Orang-orang di depan rumah dia mendengar tembakan-tembakan," kata Komisaris Polisi Bengalura, T. Suneel Kumar, kepada wartawan. "Kami menemukan empat solongsong peluru dari tempat kejadian perkara."

Lankesh dikenal sebagai wartawan berani dan pengeritik ideologi politik sayap kanan.

Tahun lalu, ia dihukum karena pencemaran nama baik dalam salah satu artikelnya.

Sementara belum segera diketahui jelas motivasi dari pembunuhan wartawan tersebut, para pemimpin politik, wartawan dan pegiat menyampaikan kemarahan mereka melalui Twitter dan mengutuk intoleran dan ancaman terhadap kebebasan berbicara.

Menteri Besar Negara Bagian Karnataka Siddaramaiah menyebut pembunuhan tersebut sebagai "pembunuhan atas demokrasi".

Sumber-sumber lain menyebutkan Kepolisian di India telah menahan tiga pria tersangka kasus penculikan dan pembakaran hidup-hidup seorang wartawan.

Jurnalis bernama Sandeep Kothari diculik dari kampung halamannya di negara bagian Madya Pradesh, Jumat (19/6). Laporan media mengatakan dia mungkin menjadi target serangan setelah melaporkan tentang penambangan ilegal di wilayah tersebut dan mengangkat kasus ini di pengadilan. (*)