Tak Hadiri Sidang Paripurna, DPRD Dharmasraya Pertanyakan Ketidakhadiran Kepala Daerah

id Sutan Riska

Tak Hadiri Sidang Paripurna, DPRD Dharmasraya Pertanyakan Ketidakhadiran Kepala Daerah

Bupati Sutan Riska bersama Wakil Bupati Amrizal.

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Kalangan anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mempertanyakan ketidakhadiran bupati pada sidang paripurna dengan agenda penyampaian pandangan umum fraksi terhadap pengantar Ranperda APBD-P 2017.

Anggota Fraksi Demokrat DPRD Dharmasraya, Salman di Pulau Punjung, Selasa, mempertanyakan ketidakhadiran bupati/wakil bupati dalam sidang paripurna tersebut mengingat pentingnya agenda yang akan dibahas.

"Kalau memang bupati ada kerja atau dinas luar daerah, saya paham. Lalu bagaimana dengan wakil bupati," ujarnya sebelum agenda sidang dibuka.

Anggota Fraksi Hanura Khairul Rasid mengemukakan agenda sidang penyampaian pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD-P 2017 merupakan agenda penting yang harus dibahas bersama kepala daerah.

"Ini agenda penting dan menyangkut kepentingan kemajuan daerah ke depan, jadi tentu harus ada kejelasan kalau memang bupati dan wakil bupati tidak hadir," lanjutnya.

Anggota Fraksi Golkar Heri Saputra juga menyampaikan kekecewaannya karena tidak satu pun kepala daerah hadir dalam sidang tersebut dan hanya dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Dharmasraya, Leli Arni.

Sementara Itu, Wakil Ketua DPRD Budi Sanjoyo menyebutkan Bupati Sutan Riska tidak hadir pada sidang paripurna dikarenakansedang menghadiri rapat di Padang bersama Ketua DPRD setempat Masrul Maas.

"Semua itu awalnya sudah ada penjelasan dari bupati dan wakil bupati," ujarnya.

Terkait ketidakhadiran Wakil Bupati (Wabup) Amrizal, ia menyampaikan tidak mendapat alasan saat dihubungi mengenai ketidakhadiran beliau.

"Saat dihubungi Sekretariat Dewan, pak Wabup hanya bilang tidak dapat hadir, terkait apa alasan itu juga diluar batas lembaga," katanya.

Sidang tetap dimulai sekitar pukul 11.00 WIB setelah sempat tertunda sekitar 30 menit. Sidang dipimpin Wakil Ketua DPRD Budi Sanjaya dan Ampera Labuan. Sedangkan mewakili pemerintah Plt Sekda Leli Arni. (*)