Rabu, 18 Oktober 2017 - 28 Muharram 1439 H

Wako Mahyeldi Minta Pemerintah Pusat Bersikap Tegas Terkait Rohingya

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota (Wako) Padang, Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengharapkan Pemerintah Pusat bersikap tegas terkait peristiwa kekerasan yang dialami warga Rohingya Myanmar.

"Ini sudah termasuk kejahatan kemanusiaan, sudah seharusnya Indonesia berkoordinasi dengan negara ASEAN lain menangani permasalahan tersebut," ujarnya, di Padang, Sabtu.

Menurutnya hal yang perlu dilakukan oleh Indonesia yakni memberikan bantuan baik materi maupun non materi kepada korban kejahatan.

Dengan mengajak negara lain seperti Malaysia, Singapura atau Thailand bersatu untuk mengecam tindakan pemerintah Myanmar tersebut.

Pemerintah tidak boleh ragu karena apa yang dilakukan di Myanmar telah merusak perdamaian dunia dan tidak berperikemanusiaan.

Seharusnya, kata Mahyeldi pemerintah segera berperan dalam mendamaikan dunia agar nilai yang terkandung dalam UUD 1945 terwujudkan.

"Sudah sebaiknya ada lembaga khusus bentukan pemerintah untuk menampung hasil donasi bagi korban perang dan penindasan," sebutnya.

Seperti di Rohingya atau Palestina , dana yang terkumpul disalurkan kepada korban yang membutuhkan.

Dalam hal ini kata Mahyeldi, pihaknya akan serius untuk memberikan bantuan kepada korban di Rohingnya.

Bahkan infak yang dikumpulkan pada Idul Adha , kata dia sebagian diberikan kepada pengungsi Rohingya yang mayoritas beragama Islam.

Akan tetapi , pihaknya siap menyalurkan kepada lembaga pemerintah bila instansi itu fokus dalam penanganan konflik di Myanmar tersebut.

"Ini bukan masalah agama apa namun lebih pada perdamaian dan keselamatan semua umat, harus segera ada tindakan tegas," ujarnya. (*)


Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga