Lebih 500 Orang Terhalang Lumpur Longsor di Rusia Barat-Daya

id longsor

Lebih 500 Orang Terhalang Lumpur Longsor di Rusia Barat-Daya

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)

Moskow, (Antara Sumbar) - Lebih dari 500 orang, termasuk lebih dari 130 orang asing dari 10 negara lebih, terhalang lumpur longsor di satu daerah pegunungan di Republik Kabardino-Balkaria di bagian barat-daya Rusia.

Beberapa sumber di layanan gawat-darurat setempat pada Jumat mengatakan kepada RIA Novosti bahwa selain warga setempat, sebanyak 350 orang asing dari 49 kelompok pariwisata di 27 pangkalan pariwisata, telah terputus oleh lumpur longsor dari lereng jurang Adyl-Su.

Wisatawan asing yang terhalang berasam dari banyak negara termasuk Amerika Serikat, Jerman, Polandia, Slovenia, Malaysia, Prancis, Inggris, Korea Selatan, India, Mesir, Bulgaria, Moldova dan Ukraina, kata RIA Novosti.

Kantor berita TASS, kata Xinhua, Jumat malam, melaporkan sebanyak 7.700 orang mungkin berada di daerah yang terhalang akibat erosi jalan di Wilayah Elbrus, Kabardino-Balkaria.

Sementara itu Kantor Berita Interfax menyatakan ada 260 orang asing yang memerlukan bantuan di daerah tersebut.

Konsulat di Kedutaan Besar Tiongkok di Rusia mengkonfirmasi keterlibatan wisatawan Tionghoa.

Kementerian Keadaan Darurat Rusia mengatakan di jejaringnya bahwa kementerian tersebut memantau "penghapusan konsekuensi dari fenomena meteorologi yang sangat rumit di Wilayah Elbrus di Republik Kabardino-Balkaria". Tapi perincian peristiwa itu tidak disiarkan.

Divisi Kementerian tersebut di Kabardino-Balkaria mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa operasi pencarian dan pertolongan dilancarkan di wilayah itu, tempat tiga mobil dengan lima orang di dalamnya jatuh ke dalam Sungai Baksan. Dua orang diselamatkan, katanya.

Menurut dokumen tersebut, sebanyak 245 orang dan 33 unit peralatan terlibat dalam operasi pencarian dan pertolongan. (*)