Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Sebar Hewan Kurban

id Irwan Prayitno

Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Sebar Hewan Kurban

Pelaksanaan Sholat Idul Adha di halaman kantor gubernur Sumbar, Jumat (1/9) (Miko Elfisha)

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengimbau masyarakat daerah itu untuk berbagi hewan kurban pada daerah yang kekurangan agar semua orang bisa merasakan nikmatnya Idul Adha.

"Kurban hakekatnya adalah membangun sifat kepedulian. Ini yang harus terus kita jaga dengan berbagi daging hewan kurban," katanya sebelum melaksanakan Salat Idul Adha di Padang, Jumat.

Menurutnya kepedulian sesama akan menjadi salah satu modal untuk pembangunan Sumbar yang merata dan sejahtera.

Sementara itu Ketua Peringatan Hari Besar Islam Sumbar, Ali Asmar mengatakan penyebaran hewan kurban ke daerah yang membutuhkan di daerah itu sangat memungkinkan karena jumlah kurban yang cukup banyak.

Ia merinci, berdasarkan data Kantor Wilayah Kemenag Sumbar, jumlah hewan kurban pada 19 kabupaten dan kota di Sumbar pada 2017 sebanyak 40.419 ekor, naik dibanding tahun lalu, 40.388 ekor.

Dari jumlah itu, 452 ekor adalah kerbau, 35.258 ekor sapi dan 4.709 ekor kambing.

"Dari jumlah itu, tentu ada yang bisa disebar," kata dia.

Selain hewan kurban masyarakat, hewan kurban dari gubernur, wakil gubernur dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Sumbar juga akan disebar ke daerah yang membutuhkan.

"Ada sembilan ekor sapi kurban yang terkumpul. Sebagian akan disebar bagi masyarakat yang membutuhkan," kata dia.

Sementara itu pelaksanaan sholat Idul Adha di halaman kantor gubernur Sumbar diikuti oleh gubernur, wakil gubernur, Kapolda, Kakanwil kemenag dan sejumlah anggota Forkopimda bersama ribuan masyarakat.

Khatib Shalat Idul Adha dipercayakan pada Dosen UIN Imam Bonjol, Padang Dr. H. Shofwan Karim, SH.MH dan imam Ustaz, Irsyad, S.Iq. Lc. (*)