2.027 Hewan Kurban di Agam Telah Diperiksa, Layak Disembelih

id Hewan Kurban

2.027 Hewan Kurban di Agam Telah Diperiksa, Layak Disembelih

(ANTARA SUMBAR)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban sebanyak 2.027 ekor yang akan disembelih di daerah itu pada Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah.

"2.027 ekor hewan kurban ini telah terbitkan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) oleh 37 petugas kesehatan hewan," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet Dinas Pertanian Agam Farid Muslim di Lubukbasung, Kamis.

Hewan kurban yang telah diperiksa itu terdiri dari sapi 1.957 ekor dan kambing 70 ekor yang tersebar di Kecamatan Baso, Kamangmagek, Tanjungraya, Palupuh dan Tilatang Kamang.

Ini merupakan data sementara karena 37 petugas kesehatan masih memeriksa sejumlah hewan kurban di pasar ternak dan pedagang pengumpul, karena data pemeriksaan hewan kurban di 10 kecamatan lainnya belum masuk ke Dinas Pertanian setempat.

"Berkemungkinan data itu akan masuk hari ini dan jumlahnya akan bertambah karena pada 2017 kita memprediksi pemotongan hewan kurban sekitar 4.774ekor," katanya.

Ia menambahkan 2.027 ekor hewan kurban ini layak disembelih pada Hari Raya Idul Adha karena sudah cukup usia, tidak mengalami sakit dan lainnya.

Menjelang Idul Adha, tambahnya, petugas kesehatan hewan yang terdiri dari dokter hewan dan paramedik veteriner melakukan pemeriksaan hewan kurban sebelum dipotong dan pemeriksaan setelah disembelih.

"Apabila petugas menemukan organ dalam hewan keadaan rusak, maka organ tersebut dibuang karena berdampak terhadap warga yang mengkonsumsi," katanya.

Sebelumnya, Bupati Agam Indra Catri memprediksi perputaran uang menjelang Idul Adha sekitar Rp75 miliar dari transaksi penjualan hewan kurban di daerah itu.

"Perputaran uang sebesar Rp75 miliar ini berasal dari prediksi hewan kurban yang akan dipotong saat Idul Adha sekitar 4.774 ekor," katanya.

Ia mengatakan, 4.774 ekor hewan kurban itu terdiri atas sapi 4.686 ekor dan kambing 88 ekor.

Sementara harga sapi di pasaran sekitar Rp14 juta sampai Rp18 juta per ekor dan harga kambing sekitar Rp2 juta sampai Rp2,5 juta per ekor.

"Harga sapi dan kambing ini tergantung ukuran," katanya. (*)