Hewan Kurban di Pasaman Barat Capai 1.033 Ekor

id Hewan Kurban

Hewan Kurban di Pasaman Barat Capai 1.033 Ekor

(ANTARA SUMBAR)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Sekitar 1.033 ekor ternak akan disembelih untuk hewan kurban pada 1438 Hijriah, Jumat (1/9).

"Dari data yang kami peroleh ada sekitar 1.033 ekor hewan ternak kurban di 11 kecamatan yang ada," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Pasaman Barat, Memi Zesmita di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan 1.033 hewan kurban itu telah diperiksa kesehatannya oleh petugas gabungan yang turun kelapangan sejak 12 Agustus sampai 31 Agustus 2017.

"Kita turun bersama dokter hewan dan pegawai Kementrian Agama ke tempat penjualan ternak sapi dan masjid yang akan melaksanakan kurban," katanya.

Ia menyebutkan dari hasil pemeriksaan tim gabungan maka hewan ternak yang akan disembelih saat Idul Adha 1438 Hijriah dalam kondisi sehat.

Ia menjelaskan pelaksanaan kurban di Pasaman Barat akan tersebar di 11 kecamatan yang ada. Di Kecamatan Talamau hewan kurban berjumlah 60 ekor, Pasaman berjumlah 175 ekor, Luhak Nan Duo 60 ekor dan Kinali berjumlah 200 ekor.

Kemudian Kecamatan Sasak 33 ekor, Gunung Tuleh 38 ekor, Sungai Aur 62 ekor, Lembah Melintang 150 ekor, Koto Balingka berjumlah 125 ekor, Sungai Beremas 60 ekor dan Ranah Batahan berjumlah 70 ekor.

"Pada umumnya hewan ternak itu berasal dari Pasaman Barat dalam kondisi sehat. Sehingga dagingnya bisa dimakan dengan aman nantinya," katanya.

Menurutnya dari seluruh hewan ternak kurban itu tidak ada yang betina. Sebab, pihaknya setiap turun kelapangan selalu menyosialisasikan kepada masyarakat agar tidak menyembelih ternak betina produktif.

"Mudah-mudahan pelaksanaan kurban nantinya berjalan dengan aman dan lancar tanpa ada kendala," katanya. (*)