Selasa, 19 September 2017 - 28 Zulhijjah 1438 H

Ditahan Imbang Borneo, Semen Padang Terpaku di Posisi 13

(ANTARA/Arif Pribadi)
Padang, (Antara Sumbar) - Kesebelasan Borneo FC berhasil menahan imbang tuan rumah Semen Padang dengan skor 1-1 dalam lanjutan kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1 2017 di Stadion GOR H Agus Salim Padang, Kamis sore.

Gol tim berjuluk Kabau Sirahdicetak oleh pemain asal Korea Selatan Koo Jae Sung pada menit ke-59. Sedangkan gol tim tamu dicetak oleh Sultan Samma pada menit ke-83.

Pada babak pertama kedua tim langsung bermain terbuka dan saling menyerang ke pertahanan masing-masing. Tim tuan rumah Semen Padang FC tampil penuh percaya diri menyerang lini pertahanan Borneo FC melalui trio Marcel Silva Sacramento, Venry Mofu dan Riko Simanjuntak.

Tidak mau ketinggalan, Borneo FC yang diperkuat Patrich Wanggai, Lerby Eliandry dan Flavio Beck Junior meladeni permainan anak asuh Nil Maizar. Bahkan Riko pada menit awal tidak dapat memanfaatkan kesempatan mencetak gol ketika dirinya berhadapan dengan penjaga gawang Borneo.

Selain itu upaya yang dilakukan Marcel Silva Sacramento, Vendry Mofu dan tendangan bebas Irsyad Maulana belum mampu merobek gawang yang dijaga Muhammad Ridho.

Sementara Borneo FC secara perlahan berusaha menguasai permainan dan menggempur pertahanan tim berjuluk Kabau Sirahmelalui gelandang mereka Flavio Beck Junior, Terens Owang dan barisan penyerang Lerby Eliandry dan Patrich Wanggai.

Sehingga penjaga gawang Semen Padang Jandia Eka Putra harus bekerja keras untuk mengamankan gawangnya.

Pelatih kepala Borneo FC Iwan Setiawan mengeluarkan gelandang mereka Riswan Yusman dan memasukkan penyerang Febri Setiadi Hamzah untuk menambah daya gedor tim berjuluk "Pesut Etam" tersebut.
Memasuki babak kedua Semen Padang langsung mengambil inisiatif untuk menyerang pertahanan Borneo FC. Sementara itu Borneo terus menunggu dan melakukan serangan balik.

Pada menit ke-55, pelatih Semen Padang Nil Maizar memasukkan Rudi yang menggantikan penyerang mereka Muchlish Hadi untuk menambah daya gedor tim.

Gol pembuka Semen Padang dicetak oleh Koo Jae Sung yang memanfatkan umpan lambung yang diberikan oleh Irsyad Maulana. Umpan tersebut membentur pemain bertahan Borneo dan berhasil disundul oleh Koo Jae Sung ke sisi kanan gawang Muhammad Ridho.

Borneo FC langsung melakukan pergantian pemain, dua pemain mereka yakni Riswan Yusman dan Flavio Back ditarik dan digantikan oleh Abdul Aziz dan Sultan Samma.

Tim berjuluk "Pesut Etam" yang tertinggal langsung menyerang lini pertahanan Semen Padang, pada menit ke-83 mereka berhasil membobol gawang Jandia Eka Putra melalui gol yang dicetak oleh Sultan Samma.

Gol tersebut berawal dari tendangan sudut, Sultan Samma yang dalam posisi bebas langsung menendang bola untuk menyamakan kedudukan.

Semen Padang langsung melakukan pergantian pemain untuk menambah daya serang tim. Mereka memasukkan Tambun Naibaho menggantikan Irsyad Maulana. Semen Padang terus menggempur lini pertahanan Borneo FC hingga babak kedua berakhir, namun skor tetap imbang 1-1.

Pelatih kepala Borneo FC Iwan Setiawan bersyukur dengan hasil yang didapatkan oleh timnya. Menurut dia para pemainnya bermain cukup bagus sehingga berhasil membawa satu poin dari Padang.

"Kita berhasil merebut satu poin dari laga ini, hasil ini akan memberikan kepercayaan diri bagi pemain dalam menghadapi laga-laga selanjutnya," kata dia.

Sementara pelatih kepala Semen Padang Nil Maizar mengatakan hasil ini tidak bagus bagi tim karena targetnya adalah menang.

Menurutnya inilah sepakbola, dalam laga ini timnya tidak memiliki keberuntungan sehingga merih hasil seri.

"Kita perbaiki semua ini terutama konsentrasi pemain dalam pertandingan," kata dia.

Hasil ini membuat Semen Padang terpaku di posisi ke-13 klasemen Liga 1 2017 dengan mengumpulkan 27 poin dari 21 pertandingan. Sementara Borneo FC menduduki peringkat ke-10 dengan mengumpulkan sebanyak 29 poin dari 21 laga. (*)


Editor : Azhari

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Joko Nugroho
         Sawahlunto, kota kecil yang berjarak sekitar 80 kilometer dari Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat ...
Baca Juga