Pasaman Barat Susun DED Pengembangan Pariwisata

id pasaman barat

Pasaman Barat Susun DED Pengembangan Pariwisata

Wisata Pasaman Barat. (cc)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Dinas Pariwisata Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat membuat perencanaan pengembangan wisata dengan merancang Detail Engenering Desain (DED) pada lima objek wisata yang potensial.

"Saat ini sudah kita susun dan akan disampaikan ke pemerintah pusat dengan harapan akan ada Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pengembangan objek wisata itu," kata Kepala Seksi Penataan dan Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Riki di Simpang Empat, Kamis (31/8).

Ia mengatakan kelima objek wisata yang sudah disusun adalah dilima titik destinasi wisata yang ada yakni Tugu Pantai Air Bangis, Pulau Panjang, Air Terjun Sipogago, Air Terjun Lenggogeni dan Air Terjun Sarasah.

"Kelima objek wisata itu memiliki potensi yang bagus dikembangkan. Selain itu tingkat pengunjung yang selalu ramai," ujarnya.

Menurutnya dengan adanya DED itu maka di dalamnya akan ada perencanaan tekni untuk pengembangannya.

"Diharapkan tentu akan ada dana pusat yang bisa digaet melalui DAK untuk pembenahan dan pengembangan lebih jauh," katanya.

Ia menjelaskan pengembangan wisata harus melibatkan semua komponen sehingga potensi objek wisata yang ada bisa tergarap secara maksimal.

"Pengembangan wisata semua pihak harus terlibat. Baik Dinas Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Koperindag dan Dinas Kelautan Perikanan," katanya.

Ia mencontohkan, jika ingin mengembangkan wisata yang terletak jauh dari pusat ibukota pertama sekali harus memperhatikan jalan menuju wisata tersebut.

"Persoalan jalan tentu yang punya kewenangan adalah Dinas PU, selain itu juga harus dibarengi dengan promosi dan pembenahan di lokasi wisata,"ujarnya. (*)