Komunitas MTMA Promosikan Pariwisata Indonesia

id Esthy Reko Astuti

Komunitas MTMA Promosikan Pariwisata Indonesia

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Esthy Reko Astuti. (cc)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Komunitas My Trip My Adventure (MTMA) Indonesia turut serta mempromosikan pariwisata di Tanah Air dengan menggandeng anak-anak muda yang hobi berwisata petualangan.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuti dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, menyambut baik Komunitas MTMA menjadi bagian untuk mempromosikan Wonderful Indonesia.

"Ini generasi berbasis komunitas yang memililiki aktivitas rutin dan aktif dalam mempromosikan Pesona Indonesia. Blog, vlog, media sosial, dan medsos lainnya dijadikan senjata untuk menyebarkan pariwisata Indonesia kepada masyarakat luas," kata Esthy.

Menurutnya, ditambah dengan fenomena makin digemari wisata petualangan, semakin membuat popularitas MTMA kian terdongkrak naik.

Terlebih, kata dia lagi, anggota komunitas MTMA sebagian besar adalah generasi milenial menjadi potensi baru untuk digarap lantaran mereka sangat akrab dengan gawai dan dunia digital.

"Tiap episode selalu dieksplorasi tempat wisata baru selama ini jarang dikunjungi dan terekspose. Anggotanya pun banyak. Jumlahnya mencapai 2 ribu anggota pada 80 regional se-Indonesia," kata Esthy.

Karena itulah, pihaknya berupaya menggandeng komunitas tersebut untuk mempromosikan tujuan wisata di Tanah Air.

Presiden MTMA Indonesia periode 2017-2019 Djuneidi Uet Mohune menyambut baik kerja sama itu, bahkan ia ikut mengawal langsung promosi pariwisata melalui akun instagram: @Uet_Oasis.

Akun instagram: @mytrip_myadvnt dan akun: @mytrip_myadvntrindonesia, menurutnya, akan ikut membantu memviralkan Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia hingga ke seluruh penjuru dunia.

"Kami terus bersemangat mempromosikan potensi pariwisata Indonesia dengan lebih sering mengeksplore lagi keindahan alam, adat, dan budaya yang berpotensi sebagai destinasi wisata baru di Indonesia. Komunitas MTMA akan terus mempromosikan keindahan Indonesia dalam bentuk foto dan video dengan hashtag #pesonaindonesia dan #wonderfulindonesia serta menyosialisasikan Sapta Pesona ke masing-masing daerah," ujarnya.

Ke depan, dia ingin MTMA Indonesia lebih terarah dan menjadi komunitas yang baik di Indonesia dan menjadi mitra yang baik dengan pemerintahan setempat.

"Kami akan menjalin kerja sama dan terus mengeksplore dan mengenalkan pada dunia bahwa Indonesia itu indah," ujarnya pula. (*)