Polres Pesisir Selatan Siagakan 150 Personel Amankan Perayaan Idul Adha

id Polisi

Polres Pesisir Selatan Siagakan 150 Personel Amankan Perayaan Idul Adha

Ilustrasi - Polisi. (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menyiagakan 150 personel untuk pengamanan perayaan Idul Adha 2018 yang disebar secara merata di daerah itu.

"Perayaan Idul Adha tidak seramai perayaan Idul Fitri sehingga penempatan personel tidak dijadwal namun merata di 15 kecamatan yang ada," kata Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Ferry Herlambang di Painan, Kamis.

Selain itu katanya, setiap personel dituntut patroli secara berkala tidak hanya pada pelaksanaan shalat Idul Adha namun sampai dengan libur akhir pekan pada Sabtu (2/3) sampai Minggu (3/4).

"Informasi yang kami dapatkan walaupun libur Idul Adha wisatawan diperkirakan tetap akan berkunjung ke beberapa objek wisata di Pesisir Selatan sehingga personel dituntut patroli keliling ke objek wisata," ujarnya.

Untuk meminimalkan angka kriminalitas terutama pencurian ternak menjelang Idul Adha pihaknya telah memerintahkan jajaran babinkamtibmas mengingatkan masyarakat agar tidak melepasliarkan ternaknya baik sapi, kerbau atau pun kambing pada malam hari.

Selain itu juga disarankan agar hewan ternak dilengkapi dengan genta di lehernya sehingga ketika bergerak akan menimbulkan bunyi-bunyian.

Hal tersebut katanya, diharapkan mampu meminimalkan angka pencurian ternak terutama pada malam hari, karena genta pada hewan ternak akan berbunyi ketika hewan itu bergerak, tentu sang pemilik akan segera mengecek ternaknya.

Selama perayaan Idul Adha hingga libur akhir pekan setelahnya, pihaknya mengingatkan agar masyarakat tetap memperhatikan hal-hal yang memicu terjadinya tindakan kriminalitas seperti memastikan pintu rumah terkunci sebelum bepergian, tidak memakai perhiasan berlebihan dan lainnya.

"Dengan tetap waspada mudah-mudahan masyarakat terhindar dari tindakan kriminalitas dan jika menjadi korban segera hubungi kepolisian terdekat," katanya. (*)