Pemandu Wisata Padangpariaman Bentuk DPC HPI

id HPI Padangpariaman

Pemandu Wisata Padangpariaman Bentuk DPC HPI

Ketua Dewan Perwakilan Daerah HPI Sumbar, Budiman (kanan) menyerahkan bendera organisasi itu kepada anggota Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Padangpariman pertanda dibentuknya dan dikukuhkannya HPI Kabupaten Padangpariaman, 2x11 Kayu Tanam, Rabu (30/8). Sejumlah pemandu wisata dari berbagai objek wisata minat khusus di Kabupaten Padangpariaman, membentuk DPC HPI tingkat di daerah itu. (ANTARA SUMBAR)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Sejumlah pemandu wisata dari berbagai objek wisata minat khusus di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat (Sumbar), membentuk Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) tingkat di daerah itu.

"Sebelumnya wadah bagi pramuwisata di Padangpariaman belum ada sehingga mereka kesulitan menyusun rencana mengembangkan pariwisata," kata Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur di 2x11 Kayu Tanam, Rabu.

Ia menambahkan dengan terbentuknya DPC HPI Padangpariaman maka pemandu wisata itu dapat berdiskusi dalam menyusun program-program menarik minat wisatawan ke kabupaten itu.

Menurutnya menarik minat wisatawan untuk datang ke suatu daerah tidak saja tugas pemerintah tetapi pramuwisata juga memiliki andil serta tanggungjawab mendalam.

"Pramuwisata itu bukan pekerjaan sosial namun mereka adalah agen pengembangan dan pemasaran agar wisata kita dikenal masyarakat luas," ujarnya.

Karena itu, ia berharap setelah HPI tingkat cabang itu terbentuk maka 70 destinasi wisata di daerah itu bisa dibangun dan diminati wisatawan.

"Dari 70 destinasi wisata itu 16 objek telah dikembangkan namun satu pun belum betul-betul diminati wisatawan padahal memiliki potensi besar," lanjutnya.

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Padangpariaman, Wiwik Herawati mengatakan Firdaus Ratman terpilih sebagai Ketua DPC HPI Padangpariaman, Asril Wandi sebagai wakil ketua, sedangkan bendahara yaitu Ardi.

"Selain itu juga ada bidang Kesejahteraan Masyarakat, Humas, Sumber Daya Manusia dan Pendidikan dan Pelatihan, serta Destinasi dan Even," terangnya.

Sebelum pemilihan, anggota yang terdiri dari 33 orang pramuwisata dilatih dan mendapatkan lisensi agar kemampuannya diakui.

Sementara Ketua Dewan Perwakilan Daerah HPI Sumbar, Budiman mengatakan Padangpariaman merupakan daerah yang membentuk DPC yang ke 13 dari 19 kabupaten dan kota di provinsi itu.

Ia berharap dengan dibentuknya DPC HPI Padangpariaman tersebut maka perkembangan wisata di daerah itu semakin meningkat dan menambah jumlah wisatawan di Sumbar. (*)