Pertamina Tambah Suplai Elpiji Antisipasi Lonjakan Permintaan Warga Padang

id pertamina, gas elpiji, kebutuhan masyarakat

Pertamina Tambah Suplai Elpiji Antisipasi Lonjakan Permintaan Warga Padang

Tabung elpiji 3 kg. (Antara) ()

Padang, (Antara Sumbar) - PT Pertamina (Persero) akan menambah suplai gas elpiji tabung tiga kilogram untuk mencukupi kebutuhan masyarakat Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (sumbar) pada perayaan Idul Adha 1438 Hijriah.

"Penambahan ini dilakukan guna mengantisipasi peningkatan konsumsi elpiji saat lebaran haji," kata Kepala Humas Pertamina Region I Sumatera bagian utara (Sumbagut), Herdiyanti Dwi Lestari di Padang, Rabu.

Dalam siaran persnya, ia menyebutkan pada H-1 Idul Adha pasokan elpiji tiga kilogram akan ditambah sebanyak 13.400 tabung dan 25.000 unit pada hari H atau 1 September 2017.

Kemudian, pada 3 September 2017 juga akan disalurkan sebanyak 22.000 tabung yang dipasok dari Depo LPG Teluk Kabung, Kota Padang. Sementara kebutuhan normal harian Kota Padang saat ini sebanyak 25.000 tabung per hari yang disalurkan melalui 23 agen dan 683 pangkalan.

Penyaluran gas elpiji ini sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yaitu Rp17.000. Pertamina terus melakukan koordinasi dengan dinas perdagangan setempat untuk memantau penyaluran gas elpiji tabung tiga kilogram bersubsidi.

"Kami akan terus pantau apakah penyaluran elpiji tabung tiga kilogram sesuai dengan sasarannya," katanya.

Mengacu kepada Permen ESDM Nomor 26 Tahun 2009 konsumen gas elpiji tiga kilogram subsidi adalah rumah tangga dan usaha mikro, sebutnya.

"Maka untuk pelayanan elpiji tiga kilogram, harus menggunakan kartu keluarga atau kartu identitas," lanjutnya.

Kemudian, jika ada keluhan pelayanan BBM dan elpiji Pertamina dapat menghubungi contact center 1-500-000 diawali kode area setempat.

"Pertamina berharap dengan adanya penambahan tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Padang akan elpiji sesuai peruntukannya," ujar dia.