Satpol-PP Pesisir Selatan Tertibkan Lima Pelajar Membolos

id Siswa membolos

Satpol-PP Pesisir Selatan Tertibkan Lima Pelajar Membolos

Petugas Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Pesisir Selatan melakukan pembinaan terhadap lima pelajar yang membolos belajar. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antara Sumbar) - Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menertibkan lima pelajar yang membolos belajar di daerah itu, Rabu.

"Pelajar tersebut berasal dari sekolah yang berbeda di antaranya SMKN 1 Painan dan SMAN 2 Bayang," kata Sekretaris Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Pesisir Selatan, Dailipal di Painan.

Pelajar yang membolos itu masing-masing berinisial AB (16), AF (17), IM (17), GPA (18) dan RAS (18), semuanya telah dijemput oleh perwakilan sekolah setelah menandatangani surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi.

"Pelajar tersebut kami tertibkan di objek wisata Pantai Sago dan di Masjid Raya Painan," ujarnya.

Menurut Dailipal, dari pengakuan pelajar mereka membolos karena terlambat datang ke sekolah.

Penertiban katanya, dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah setempat terhadap dunia pendidikan, selain itu juga telah diamanatkan dalam peraturan daerah setempat.

"Kami juga bersedia turun ke lokasi jika ada masyarakat yang melaporkan adanya pelajar yang membolos," katanya lagi.

Kepada masyarakat, orang tua dan juga guru dipesankan agar meningkatkan pengawasan terhadap pelajar sehingga mereka tidak membolos, dan juga tidak memanfaatkan kekosongan jam belajar untuk hal-hal negatif seperti penyalahgunaan narkoba, perjudian dan lainnya. (*)