Potensi Tambak Udang Maligi Pasaman Barat Dilirik Investor

id Tambak Udang

Potensi Tambak Udang Maligi Pasaman Barat Dilirik Investor

Bupati Pasaman Barat, Syahiran didampingi Ketua TP PKK, Yunisra dan anggota DPRD, Endra Yama Putra saat meresmikan Kampung KB di Maligi, Selasa (29/8). Bupati menyampaikan Maligi dilirik investor tambak udang. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Nagari (desa) Maligi Persiapan Kecamatan Sasak, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) dilirik investor tambak udang dengan melihat potensi yang ada.

"Benar, potensi budidaya tambak udang di Maligi cukup bagus. Apalagi didukung dengan potensi wisata pantai yang indah," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat pencanangan Kampung KB di Jorong Pantai Indah Nagari Persiapan Maligi, Selasa (29/8).

Ia mengatakan daerah Maligi merupakan kawasan yang cukup luas dengan keindahan pantainya. Namun, perlu pembenahan infrastruktur jalan menuju Maligi.

"Nagari Persiapan Maligi Kecamatan Sasak Ranah Pasisie ini dilirik oleh salah seorang investor tambak udang. Itu tandanya Nagari Persiapan Maligi ini menarik bagi investor untuk menanamkan modalnya di sini dengan membuat tambak udang sekitar 10 hektare," ujarnya.

Ia menyebutkan dengan kekayaan itu pulalah masyarakat Maligi harus bisa kompak dan tidak terpecah belah.

Sebagai daerah Nagari Persiapan Maligi belum bisa mandiri jika tidak bisa memenuhi syarat. Untuk itu masyarakat diminta kompak, melayani dengan sebaik mungkin, jangan mempersulit jika ada investor yang ingin menanam modal di sini.

"Jika investor tersebut benar-benar ingin membuat tambak udang yang akan mendapatkan keuntungan masyarakat di Maligi. Perekonomian akan meningkatkan," sebutnya.

Ia menjelaskan Nagari Maligi Persiapan direncanakan akan ditetapkan menjadi nagari defenitif secepatnya jika seluruh masyarakat bisa kompak.

Dilain pihak Dinas Pariwisata juga sedang membuat desain pengembangan objek wisata Maligi khususnya wisata Pantai dan Muara Maligi.

"Mudah-mudahan kedepannya Maligi akan semakin berkembang. Pemkab akan mendukung penuh berbagai pembangunan di Maligi dan Pasaman Barat umumnya," tegasnya.

Salah seorang tokoh masyarakat Nagari Maligi Persiapan, Antoni Aries mengharapkan infrastruktur jalan menuju Maligi segera diperbaiki sehingga mempercepat akses menuju daerah itu.

"Mudah-mudahan dengan adanya kunjungan bupati dan rombongan ini bisa meningkatkan pembangunan di Maligi," harapnya. (*)