Pentingnya Sadar Wisata dalam Mengembangkan Kepariwisataan

id Syahiran

Pentingnya Sadar Wisata dalam Mengembangkan Kepariwisataan

Bupati Pasaman Barat, Syahiran.

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menekankan kepada masyarakat betapa pentingnya sadar wisata dalam rangka memajukan objek wisata di daerah itu.

"Pengembangan wisata itu identik dengan sadar wisata. Artinya jangan ada lagi pungutan liar di lokasi wisata, jangan ada pemalakan dan kegiatan yang membuat pengunjung merasa tidak betah," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengatakan Pasaman Barat memiliki potensi wisata yang tidak kalah bagus dari daerah lain. Namun dengan keterbatasan sarana prasarana dengan lokasi yang jauh membuat pengembangan wisata Paaaman Barat agak lambat.

Apalagi jika diikuti dengan perbuatan oknum maayarakat yang melakukan pungutan liar yang membuat pengunjung tidak betah.

"Untuk itu diperlukan sikap sadar wisata dari masyarakat itu sendiri. Jangan membuat pengunjung tidak betah dengan berbagai alasan," ujarnya.

Pihaknya melalui Dinas Pariwisata terus melaksanakan sosialisasi bagi kelompok penggiat wisata dan masyarakat untuk meningkatkan sadar wisata di daerah itu.

Adapun kelompok masyarakat sadar wisata (Pokdarwis) yang sudah diberikan sosialisasi dan pelatihan dianyaranya adalah kelompok sadar wisata Karang Taruna Kajai, Karang Taruna Talu, Pokdarwis Bukit Indah Tombang, Pokdarwis Bahari Muaro Sasak, Karang Taruna Muaro Aia Bangih, Pokdarwis Pipagogo Ujung Gading, KPA Artapala, Walpas, JAC.

Ia mengharapkan, dengan adanya gerakan sadar wisata tersebut, akan ada perubahan perilaku masyarakat. Sehingga akan tercipta sapta pesona wisata (aman, tertib, indah, nyaman dan bersih dan kenangan).

Untuk mendukung memajukan wisata juga diperlukan transportasi yang memadai ke lokasi wisata, menjaga kebersihan, dan ada souvenir.

"Untuk tahun 2017 pantai Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas akan dijadikan wisata andalan Pasaman Barat," katanya.

Ia menyebutkan master plan pengembangan wisata Air Bangis sudah ada. Tinggal lagi pelatihan gaet, pramuwisata, rescue dan pembinaan terhadap masyarakat kelompok sadar wisata dan ditunjang usaha ekonomi kreatif.

Ia mengharapkan dukungan instansi terkait dalam memajukan wisata yang ada. Memajukan wisata dibutuhkan kerja sama semua pihak.

Menurutnya tidak hanya lokasi objek wisata yang dikembangkan tetapi juga infrastruktur menuju lokasi itu perlu diperbaiki. Selain itu juga pembinaan berbagai kerajinan dan sadar wisata.

"Terpenting sekali adalah kenyamanan pendatang saat berada di objek wisata. Jangan ada pemalakan dan pemaksaan. Buat wisatawan senyaman mungkin," harapnya. (*)