Minggu, 24 September 2017 - 4 Muharram 1439 H

Puluhan Rumah Terendam Banjir di Tabiang Banda-Gadang

Sekolah di Padang terdampak banjir.
Padang, (Antara Sumbar) - Puluhan rumah di Perumahan Griya Kubu Tama Kelurahan Tabiang Banda Gadang, Nanggalo, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), terendam banjir akibat hujan yang mengguyuri daerah itu sejak Senin siang.

"Hujan telah terjadi sejak siang tadi, sedangkan genangan air mulai masuk rumah sekitar pukul 16.30 WIB," kata warga setempat Dina (52), di Padang, Senin.

Ia menyebutkan puncak ketinggian air di kawasan itu mencapai 50 centimeter. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang mengevakuasi warga menggunakan perahu karet.

Sementara warga lainnya Isan (37), mengatakan dampak banjir bisa diminimalisir dengan koordinasi bersama Komunitas Siaga Bencana (KSB) setempat.

"Banjir terjadi karena luapan air Sungai Batang Kuranji, saat itu melalui radio komunikasi KSB telah menginformasikan. Sehingga barang-barang di rumah bisa diselamatkan," katanya.

Sementara Camat Nanggalo Teddy, menyebutkan ada 38 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir di lokasi itu.

Jika hujan masih terjadi hingga malam, katanya, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan dinas sosial dan pihak terkait untuk penanggulangan banjir. Salah satunya dengan mendirikan dapur umum.

Saat ditanyai upaya jangka panjang untuk mengatasi banjir tersebut, ia menyebutkan telah direncanakan untuk membangun dinding tinggi di Sungai Batang Kuranji, yang berbatasan langsung dengan Perumahan Griya Kubu Tama.

"Penyebab genangan air di lokasi ini adalah luapan dari Batang Kuranji, maka perlu dibangun dinding tinggi sebagai penahan. Itu sudah diusulkan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang)," katanya.

Warga berharap upaya yang akan dilakukan pemerintah tersebut segera direalisasikan dan banjir tidak lagi menjadi kecemasan.

Pantauan di lapangan, pada pukul 18.30 WIB air telah mulai surut, dan sejumlah warga mulai membersihkan rumah masing-masing. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga